Cara Keluar dari Recovery Mode Oppo 100% Mudah

Salah satu kasus yang sering dialami oleh pengguna Hp Oppo adalah recovery mode. Biasanya, kasus ini terjadi tatkala Hp Oppo kamu sedang melakukan booting, atau kamu mencoba mengubah sistemnya, misal dengan melakukan root, tapi pengubahan sistem saat proses rootnya gagal mengupdate sistem, maka terjadilah masalah yang menyebalkan ini. Sehingga kamu pasti akan mencari tahu cara keluar dari recovery mode Oppo

Pengertian Recovery Mode

Recovery mode merupakan sebuah sistem pemulihan ke sistem semula, dan fungsinya nyaris sama dengan pemulihan pada laptop atau computer. Hanya saja, recovery mode pada Hp Oppo yang kamu gunakan tidak tersedia menu backup data.

Masalah ini tidak hanya terjadi pada Hp Oppo saja kok, karena semua hp android pasti berpotensi juga terkena mode ini sehingga tersedia mode pemulihan juga. Manfaatnya cukup banyak, seperti mengatasi berbagai masalah pada hp kamu,  kasus lupa sandi, hang, dan bootlop, gangguan pada layar misalnya.

Tapi, tentu sangat menyebalkan jika kamu merasa hp kamu baik-baik saja, tapi tiba-tiba muncul recovery mode ini. Tapi jangan khawatir, karena kasus recovery mode Oppo di hp kamu pasti bisa diatasi kok.

Nah, buat kamu yang bingung bagaimana cara keluar dari recovery mode Oppo ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah. Saat mengikuti cara keluar dari recovery mode Oppo, pastikan dulu bahwa kamu mengikuti semua langkah-langkahnya dengan teliti agar hasilnya bisa maksimal. 

Cara Keluar dari Recovery Mode Oppo dengan Firmware

Cara Keluar dari Recovery Mode Oppo
Cara Keluar dari Recovery Mode Oppo
  • Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi Firmware. Kenapa Firmware? Karena aplikasi ini memang sesuai dengan brand yang kamu gunakan. Kamu bisa mengunduh aplikasi Firmwarenya di situs resmi Opponya ya. 
  • Apabila sudah terunduh, kamu bisa menyimpan filenya di kartu memori ya, dan jangan lupa menyimpannya di luar folder. 
  • Apabila sudah, nyalakan hp kamu yang masih bootlop, kemudian masuklah ke recovery modenya. Cara untuk masuk ke recovery mode adalah dengan menekan bersamaan antara tombol power dengan volume. Harus bersamaan ya, karena kalau tidak, maka recovery modenya tidak akan muncul.
  • Kemudian, pilih bahasa yang memang kamu mengerti, inggris, cina, dan sebagainya. Ya untuk bahasa yang memang kira-kira dimengerti oleh semua orang, mungkin Bahasa Inggris yang paling cocok, kecuali jika kamu memang menguasai berbagai bahasa. Tentu ini akan sangat mempermudah. 
  • Cara keluar dari mode pemulihan Oppo selanjutnya, nanti akan memunculkan beberapa pilihan, maka kamu bisa memilih data dan wipe cache
  • Saat akan melakukan proses install, kamu bisa memilih instalasi from sd card saja, dan cari aplikasi Firmware yang tadi sudah selesai kamu simpan di luar folder kartu memori. 
  • Tunggu beberapa saat sampai proses installnya selesai. Beberapa saat? Ya tidak sesingkat itu, karena waktunya cukup lama. Maka, kamu bisa melakukan beberapa kegiatan kecil untuk menunggu instalasinya selesai. Misalnya sambil menyeduh teh hangat atau bisa juga ngemil santai.
  • Jika proses instalasinya sudah selesai, maka kamu bisa memilih reboot
  • Saat hp kamu melakukan rebootnya, waaah waktu yang dibutuhkan cukup lama, lebih lama dari pada proses instalasi tadi, apalagi saat loading pada logonya. Hanya saja, kamu bisa tetap enjoy kok, karena ini adalah hal yang normal dan dialami oleh semua hp, bukan hanya terjadi pada hp kamu saja. 

Baca juga: 8 Cara Setting Personal Hotspot iPhone dengan Mudah

Tapi, jika ternyata prosesnya macet di tengah jalan, atau hanya bisa bertahan sampai 1 jam, maka solusinya adalah dengan melakukan kembali semua langkah-langkah di atas. Dan kamu harus lebih teliti kali ini, pahami semua kesalahan-kesalahan yang kamu lakukan tadi hingga membuat prosesnya gagal. 

Jadi, caranya cukup mudah ya. Jika besok, atau saat ini Hp Oppo kamu selalu masuk ke recovery mode, maka kamu sudah bisa mengatasinya dengan mudah tanpa harus panic dan membawanya ke counter. Yuk save ya cara keluar dari recovery mode Oppo dari Wong Cerdas ini.

Cara Keluar dari Coloros Recovery Oppo

Salah satu penyebab kenapa HP Oppo tersayang milik kamu keluar dari Coloros recovery Oppo secara terus-menerus, itu biasanya ada terjadi kerusakan pada tombol volume.

Tidak hanya itu saja, ternyata HP kamu juga rusak akibat kesalahan root atau juga karena pengaruh dari software yang merusak komponen di HP. Oleh karena itu, setelah mengikuti cara-cara di bawah ini harapannya kamu perlu hati-hati lagi ya pakai HP nya. Sayangi HP dengan sepenuh hati asikk.

Masalah eror ini banyak terjadi di HP Oppo a71, Oppo a37, Oppo a83, Oppo seri neo dan sejenisnya.

Sebelum kamu membawanya ke service center Oppo atau HP, ada baiknya mencoba beberapa tutorial di artikel ini ataupun artikel yang ada di Youtube.

Yuk, simak cara keluar dari coloros recovery dengan mudah.

Mari kita jawab semua pertanyaan kamu mengenai:

Cara keluar dari coloros recovery oppo a71 gimana ya kak?
Kenapa ya kak oppo recovery mode terus ?
Duh bete banget hp oppo recovery mode terus nih kak hiks
Ajarin kak cara keluar dari mode coloros recovery ya
Cara Keluar dari Recovery Mode Oppo gimana kak?

Tenang, kakak-kakak semuanya akan kita bahas Cara Keluar dari Recovery Mode Oppo untuk semua seri di artikel ini oleh Wong Cerdas ya.

Cara Keluar dari Coloros Recovery Oppo a71 dan Seri Oppo Lainnya

Berikut adalah langkah-langkah cara keluar dari coloros recovery Oppo yang bisa kamu ikuti:

  • Reboot terlebih dahulu HP Oppo milik kamu. Saat HP menunjukkan layar Coloros Recovery Oppo, pilih menu reboot. Pada saat menekan reboot di HP ada tulisan recovery mode di layar HP kamu, itu artinya ada kompenen HP yang terpengaruhi. Klik OK ya sobat.
  • Cabut dulu tempat sim card di sisi kiri atau kanan HP Oppo milik kamu.
  • Buka Case/Casing HP kamu untuk memperbaiki komponen yang terpengaruhi.
  • Setelah membuka casing, maka selanjutnya adalah membuka semua baut yang ada di bagian atas dekat volume/camera HP kamu.
cara keluar dari coloros recovery oppo
Buka Baut untuk Cara Keluar dari Recovery Mode Oppo
Gambar: Youtube Personal Smartphone
  • Pastikan kamu melakukannya pelan-pelan ya sobat Wong Cerdas. Kumpulkan baut dan komponen yang telah kamu buka. Jangan sampai hilang.
  • Lepaskan semua bagian yang masih menempel pada komponen yang saya garis merahi ini. Lepaskan komponen songket yang menutupi menggunakan pinset. Kamera yang berada di pojok atas juga dilepaskan dengan pelan-pelan.
cara keluar dari coloros recovery oppo
Lepaskan semua bagian yang masih menutupinya
Gambar: Youtube Personal Smartphone
  • Nah, seperti ini bagian yang perlu dilepaskan menjadi komponen ini saja.
cara keluar dari coloros recovery oppo
Komponen ini yang perlu dilepaskan
Gambar: Youtube Personal Smartphone
  • Untuk mengatasi hal ini biasanya recovery bisa diatasi dengan menekan tombol power dan tombol volume. Oleh karena itu, komponen yang sudah dilepas itu disatukan lagi dengan bagian volume dan sebarisnya saja yang berdekatan dengan tombol off. Abaikan dulu untuk komponen paling atas seperti kamera.
  • Selanjutnya, cara keluar dari Recovery Mode Oppo kamu bisa menahan tombol off tersebut dan menekan tombol volume menggunakan pinset secara bersamaan.
Cara Keluar dari Coloros Recovery Oppo a71
Menekan tombol off dan power secara bersamaan
Gambar: Youtube Personal Smartphone
  • Ketika sudah berhasil layar HP kamu akan hidup seperti semula dan tanpa adanya tulisan recovery mode lagi.
  • Setelah semuanya kembali normal, pasang semua komponen yang telah dilepas tadi.

Informasi lengkapnya ada di video Youtube berikut ini:

Cara Keluar dari Recovery Mode Oppo 100% Mudah

Intinya,  ketika kamu sedang mengikuti langkah-langkah Cara Keluar dari Recovery Mode Oppo di atas, maka satu hal yang harus kamu perhatikan, yaitu tingkat ketelitian, karena jika satu step saja kamu lewatkan atau tidak teliti, maka yang ada proses instalasi terakhirnya bisa saja gagal terus menerus.

Demikian Cara Keluar dari Recovery Mode Oppo yang mudah untuk diterapkan. Jangan lupa untuk tetap enjoy dan ikuti langkah-langkahnya. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar