Cara Budidaya Ikan Gurame agar Cepat Besar + QnA

Budidaya ikan adalah salah satu peluang bisnis yang masih cukup menjanjikan di masa sekarang. Meskipun banyaknya bisnis lain yang mengandalkan kecanggihan teknologi, budidaya ikan masih banyak peminatnya, apalagi di kalangan masyarakat akar rumput.

Salah satunya budidaya ikan Gurame. Agar budidaya ikan gurame ini bisa sukses, para pebisnis mestilah mengetahui cara budidaya ikan gurame agar cepat besar.

Semakin cepat ikan gurame bertumbuh besar, maka semakin cepat pula panen. Nah kira-kira kamu penasaran enggak gimana cara budidaya ikan gurame agar cepat besar? Ternyata ada tips khusus lho agar ikan gurame yang kamu budidayakan bisa tumbuh cepat. Berikut ini adalah cara budidaya ikan gurame agar cepat besar.

Cara Budidaya Ikan Gurame agar Cepat Besar

Sebagai seorang yang mulai merambah bisnis ke budidaya ikan, termasuk ikan gurame, kamu mesti mengetahui cara-cara khusus supaya ikan yang kamu budidaya tidak mengalami pertumbuhan yang lambat.

Sebab pertumbuhan lambat juga akan mempengaruhi faktor panen ikan kamu. Buntutnya kamu jadi enggak panen-panen karena ikannya yang enggak membesar. Berikut ini cara budidaya ikan gurame agar cepat besar yang bisa kamu coba.

Baca juga:

1. Pilihlah Bibit yang Sehat

Ikan gurame yang bermutu dan berkualitas tinggi, tentu berawal dari bibit yang tidak pesakitan. Maka yang perlu kamu perhatikan adalah bagaimana kamu memilih bibit ikan gurame yang akan kamu budidayakan atau ternak. Pilihlah bibit ikan gurame yang sehat. Bibit ikan gurame sehat sendiri memiliki kategori paling tidak berumur setahun dengan berat sekitar 100 gram.

Kamu bisa memulai mencari bibit ikan gurame yang tidak terlalu jauh dari lokasi budidaya. Ini menghindari ikan gurame yang stres gara-gara sulit beradaptasi dengan lingkungan baru. Ikan Gurame yang stres ini bisa berakibat fatal, dari sering sakit sampai bahkan mati.

2. Tentukan Lokasi Budidaya yang Cocok

Setelah kamu memilih bibit ikan gurame yang sehat, cara budidaya ikan gurame agar cepat besar berikutnya adalah kamu mesti bisa menentukan lokasi budidaya yang cocok. Tak bisa dipungkiri, pemilihan lokasi budidaya ikan gurame ini sangatlah menentukan kualitas ikan gurame yang dihasilkan.

Kamu bisa mulai mempertimbangkan lokasi budidaya yang mendapatkan akses sinar matahari yang mencukupi. Selain itu, saya sarankan kamu memilih lokasi budidaya ikan gurame di dataran rendah, daripada di dataran tinggi.

Beberapa riset menyebut ikan gurame bakal bertumbuh besar dengan cepat apabila berada di tempat yang mempunyai ketinggian maksimal 800 meter di atas permukaan laut. Kamu bisa bikin kolam di dataran rendah dengan suhu kira-kira  25-28 derajat.

3. Bersihkan Kolam Secara Berkala

Kamu mau kan ternak ikan gurame tapi enggak cepat mati? Cobalah untuk membersihkan kolam tempat tinggal ikan gurame secara berkala. Ini berguna sekali untuk mencegah ikan gurame sakit. Karena biasanya kolam yang jarang dibersihkan bisa muncul jamur, dan itu bisa menimbulkan penyakit pada ikan gurame. Kamu bisa membersihkan kolam sebulan dua kali.

4. Berilah Ikan Gurame Pakan Berkualitas

Cara Budidaya Ikan Gurame agar Cepat Besar
Cara Budidaya Ikan Gurame agar Cepat Besar
Gambar: hewan.id

Cara ternak ikan gurame agar cepat besar tentu saja dengan memperhatikan asupan. Pakan yang bagus untuk ikan gurame adalah yang kaya akan protein. Kamu bisa memakainya juga untuk pakan ikan gurame kecil. Sebab ikan gurame setidaknya membutuhkan 25% persen protein hewani agar cepat tumbuh.

Bukan itu saja, kamu juga mesti memberikan pakan ikan gurame protein nabati. Kamu bisa memakai misalnya daun talas, daun singkong, selada air, atau kangkung untuk pakan ikan gurame. Selain itu, sangat disarankan untuk memberikan sedikitnya 2% enzim komplek dari pakan pabrik.

5. Berilah Pelet

Pelet di sini bukan buat memikat cowok atau cewek kamu ya. Melainkan ini adalah sejenis asupan untuk ikan gurame. Berilah pelet terapung yang mengandung sekitar 25-30% protein hewani. Pemberian pelet cukup untuk membuat ikan gurame jadi gampang memakan. Memperhatikan kandungan gizi dalam palet juga penting, sebab hal ini dapat mempengaruhi pertumbuhan dari ikan gurame itu sendiri.

6. Lakukan Pengeringan Kolam

Ada banyak jenis ikan gurame yang cepat besar, seperti Gurame Soang, Jepun, Bastar, Postelen, dan masih banyak lagi. Namun begitu tetap harus memperhatikan cara budidaya ikan gurame agar cepat besar. Salah satunya adalah dengan cara mengeringkan kolam. Kamu bisa melakukannya bersamaan dengan bersih-bersih kolam, selama sekitar 10-14 hari.

Tak sekadar dibersihkan, kamu juga mesti memberikan kapur pertanian sebanyak 200 gram pada setiap meter persegi. Disamping itu, saya sarankan kamu bisa merendam peralatan yang kamu gunakan selama membudidayakan ikan gurame dalam larutan kaporit kurang lebih setengah. Selepas itu silakan dikeringkan.

7. Memberi Vitamin pada Ikan Gurame

Selain pakan berkualitas, cara agar ikan gurame cepat besar yaitu dengan pemberian vitamin pada ikan gurame. Hal ini untuk mencegah atau melindungi ikan gurame dari serangan virus maupun bakteri. Ada cukup banyak vitamin untuk ikan gurame. Misalnya Tonasa, Blue Copper, Vitamin EM4, Viterna Plus, dan masih banyak lagi.

QnA Seputar Ternak Gurame

Cara Budidaya Ikan Gurame agar Cepat Besar
QnA Cara Budidaya Ikan Gurame agar Cepat Besar

Setelah mengetahui cara budidaya ikan gurame agar cepat besar, tentu masih ada beberapa pertanyaan. Banyak orang yang masih mempertanyakan beberapa hal mengenai ternak ikan gurame ini. Apa saja pertanyaan mereka? Berikut QnA seputar ternak Gurame.

Berapa Lama Ikan Gurame Tumbuh Besar?

Masa pertumbuhan ikan gurame diperkirakan 10 hingga 12 bulan. Rentang waktu segitu ikan gurame biasanya sudah memiliki bobot kurang lebih 800 gram sampai 1 kilogram untuk satu ekornya. Kamu bisa mulai menjualnya dengan harga mulai Rp 20 ribuan per kilogramnya.

Apa Makanan Ikan Gurame Kecil?

Buat ikan gurame kecil berumur sekitar 10 hari, kamu bisa memberinya makan kroto, cacing sutra, atau telur semut merah besar. Lalu untuk ikan gurame berumur 1,5 bulan hingga 3,5 bulan kamu sudah bisa memberinya makan berupa dedaunan atau hewan.

Baru setelah ikan gurame berusia 3,5 bulan ke atas atau ikan gurame umur 6 bulan sampai 8 bulan, kamu bisa memberinya pakan berupa tumbuhan air. Pelet diberikan pada gurame berusia 8 bulan lebih.

Apa Merk Pelet Ikan Gurame yang Bagus?

Kamu bisa coba merk pelet ikan gurame seperti Hi Pro Vite 781, T78 2A, Matahari Sakti, Japfa, dan masih banyak lagi. Silakan kamu bisa mencarinya sendiri di toko-toko ikan, dan tanyakan langsung pada penjualnya.

Berapa Bulan Panen Ikan Gurame?

Panen ikan gurame berapa bulan? Masa panennya kira-kira 4-6 bulan mulai dari benih dimasukkan ke dalam kolam.

Ternak Ikan Apa yang Cepat Panen?

Selain ikan gurame ada jenis ikan lain yang cepat panen jika diternak. Di antaranya Ikan Nila, Lele, Mas, dan Ikan Patin.

Kapan Jam Makan Ikan Gurame?

Ikan gurame sebaiknya diberikan pakan sebanyak 2 kali dalam sehari. Yaitu pagi dan sore hari.

Itulah tadi cara budidaya ikan gurame agar cepat besar, beserta QnA mengenai ternak ikan gurame. Mudah-mudahan lewat artikel ini, kamu bisa mulai beternak ikan gurame. Tentu saja ini lumayan menggiurkan, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.

Bagikan:

Tinggalkan komentar