20+ Bisnis Online untuk Pelajar yang Mudah dan Menguntungkan

Tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis online kian diminati banyak orang termasuk pelajar. Bisnis online belakangan ini semakin populer sebagai usaha untuk menghasilkan uang bagi seorang pelajar. Selain tidak membutuhkan lapak, bisnis online untuk pelajar bisa dimulai  dengan modal kecil sekaligus sebagai pengalaman untuk merencanakan masa depan.

Banyak pelajar yang ingin mempunyai penghasilan sendiri tapi bingung bagaimana cara mendapatkannya. Padahal informasi  lowongan bisnis online untuk pelajar SMP, SMA, maupun SMK sudah banyak tersedia di internet.

Dengan memanfaatkan sosial media, pelajar bisa berbisnis online dengan mudah dan fleksibel. Bisnis online mudah untuk pelajar sendiri banyak macamnya. Ada bisnis tanpa modal hanya mengandalkan skill dan ada juga bisnis dengan modal uang yang minim.

Bisnis Online untuk Pelajar Modal Kecil

Menjadi pebisnis sejak menjadi pelajar merupakan awal yang baik untuk langkah kedepannya. Pasti ada alasan dibalik keinginan untuk memulai bisnis sejak muda. Entah karena impian, sebagai pengalaman, atau memang tertarik terjun di bidang wirausaha. 

Sebagai pelajar yang masih sekolah, tentu merasa terbebani jika memulai usaha dengan modal yang besar. Meminta uang kepada orang tua selain untuk keperluan jajan dan biaya sekolah juga pasti merasa tidak enak. 

Maka dari itu, bisnis online untuk pelajar dengan modal yang kecil adalah alternatif terbaik. Kamu harus cermat memilih bisnis yang sekiranya bisa dengan modal kecil. Jenis usahanya sendiri tinggal.menyesuaikan budget yang ada. Berikut informasi terkait rekomendasi bisnis online untuk pelajar mulai dari modal 10k. 

Bisnis Pelajar Modal 10k

Bisnis Online untuk Pelajar
Bisnis Online untuk Pelajar Modal Kecil

Kalau kamu masih awam seputar bisnis karena masih pelajar bisa dimulai dengan modal 10k dulu. 

Berikut kami jabarkan usaha online yang cocok untuk pelajar dengan modal 10k.

1. Bisnis Makanan Ringan

Contoh bisnis online untuk pelajar makanan ringan yang bisa dicoba dengan modal 10k yaitu ada bahan kulit lumpia. Kulit lumpia digoreng renyah dan ditambahkan bumbu aneka rasa. Kemudian dikemas dalam plastik semenarik mungkin. 

Tawarkan kepada teman dan kerabat. Jika mereka menyukainya bisa lanjut bisnis makanan ringan lain yang lebih diminati banyak orang. Cara menjualnya bisa kamu titipkan di kantin sekolah maupun secara online.

2. Menjadi Reseller

Para pelajar yang ingin berbisnis tapi bingung mau jualan apa bisa mencoba menjadi reseller berbagai produk pakaian atau minuman. Banyak seller yang memberi kesempatan anak sekolah menjadi agen bisnis para pelajar untuk ikut serta menjual produk mereka.  

Bisnis reseller bisa kamu mulai dengan modal 10k-100k tergantung produk yang ingin dijual. Contohnya untuk modal 10k, kamu bisa jadi reseller akun premium seperti netflix, viu, youtube, dan lainnya. 

3. Jasa Desain

Bagi kamu yang mempunyai keahlian desain dengan ide dan kreativitas yang dapat memuaskan orang, tawarkan jasa desainmu secara online. Jasa desain termasuk bisnis yang menguntungkan karena tidak semua orang bisa menggambar atau mendesain. 

Mengembangkan skill desain sejak sekolah jika terus ditekuni akan menjadi profesional setelah lulus nanti. Sehingga kamu bisa menjadi desainer yang handal dengan karya yang mengagumkan. Modal 10k disiapkan untuk ke warnet jika kamu tidak mempunyai laptop, smartphone, maupun komputer yang dibutuhkan untuk menggambar. 

4. Jasa Editing Video

Bisnis online untuk pelajar di posisi keempat ada jasa editing. Biasanya anak sekolah suka membuat video dan mengeditnya untuk dipamerkan di sosial media. Kemampuan edit tersebut bisa kamu gunakan untuk membuka jasa editing. Jadi tidak hanya sekedar hobi, mengedit video cocok sebagai ide bisnis online untuk pelajar. 

5. Membuat Konten Vlogger

Bisnis online modal kecil untuk pelajar berikutnya masih seputar video. Buatlah konten video yang inspiratif dan informatif agar banyak viewer yang tertarik untuk menjadi pengikutmu di sosial media. 

Kalau sudah banyak follower, siapa tahu ada perusahaan yang berminat untuk menjalin kerja sama denganmu sehingga bisa mendapat cuan yang lumayan. 

Bisnis untuk Pelajar SMK

Bisnis Online untuk Pelajar
Bisnis Online untuk Pelajar

Selain pelajar SMA, bisnis juga bisa dijalankan oleh pelajar SMK yang ingin menambah uang jajan sekolah. Asal punya tekad kuat dan kemauan keras, bisnis pasti akan berjalan dengan baik. Beberapa contoh bisnis online di bawah ini sangat mudah dijalankan oleh pemula.   

1. Bisnis Pulsa dan Kuota

Pulsa dan kuota merupakan salah satu kebutuhan orang untuk keperluan komunikasi maupun untuk bermain sosial media. Modal untuk membuka bisnis ini terbilang kecil. Tentu saja bisnis ini dijalankan secara online dengan bantuan smartphone. 

Kamu bisa mulai dengan modal Rp50.000. Kalau sudah balik modal bisa lanjut dengan modal Rp100.000 dan seterusnya. Perlu diingat bahwa kamu harus pandai memilih distributor pulsa yang menawarkan harga terjangkau. 

Untuk media jualannya sendiri bisa melalui dari mulut ke mulut atau pihak kedua yang menyediakan program mitra jualan online seperti tokopedia, shopee, lazada, dan sejenisnya. 

2. Berjualan Aksesoris Handmade

Jika kamu termasuk orang kreatif yang suka membuat kerajinan, berbisnis aksesoris handmade sangat cocok untuk kamu. Dengan memanfaatkan keterampilan tersebut kamu dapat menambah uang jajan dari hasil jualan aksesoris.  

Untuk memulai bisnis aksesoris handmade kamu hanya perlu membeli bahan-bahan yang dibutuhkan saja. Aksesoris sendiri meliputi gantungan kunci, kalung, gelang, cincin, hiasan kepala, dompet, tas, bahkan sepatu. 

3. Berbisnis Minuman Susu Kedelai

Bisnis ini menggunakan bahan baku kedelai. Harga kedelai di pasaran umumnya berkisar antara 15.000 sampai 20.000. Harga tersebut cukup terjangkau untuk memulai bisnis minuman susu kedelai. Siapkan saja modal 50.000 untuk membeli kedelai, sisanya bisa digunakan untuk membeli gula dan plastik. 

4. Membuka Kursus Privat

Kalau kamu menguasai bidang pelajaran tertentu seperti matematika, IPA, IPS, maupun bahasa inggris bisa membuka les untuk anak SD dan SMP. Namun, perlu diingat bahwa bisnis ini tidak semata-mata untuk menambah cuan. Melainkan diniatkan untuk membagi ilmu yang kamu peroleh selama mengenyam pendidikan sehingga bisa bermanfaat untuk orang lain. 

5. Bisnis Jasa Ketik dan Tugas

Mengetik dan tugas adalah kegiatan biasa yang dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa. Banyak yang tidak punya waktu untuk mengetik ataupun mengerjakan tugas karena kesibukan lain. Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka bisnis jasa ketik dan tugas.

Kamu promosikan di akun sosial media khusus untuk jasa joki dan ketik. Disitu kamu bisa cantumkan pricelist jasa pengetikan dan tugas sebagai informasi untuk orang yang ingin menggunakan jasamu. Untuk harganya sendiri bisa kamu sesuaikan dari tingkat termudah hingga tersulit.

Bisnis Online untuk Pelajar di Instagram

Instagram termasuk salah satu sosial media yang paling banyak penggunanya. Banyak pengusaha yang menggunakan instagram untuk membuat konten dan mempromosikan produk mereka. Kamu juga harus bijak memaksimalkan sosial media khususnya instagram sebagai sarana untuk membuka bisnis online kamu.

Untuk menjalankan bisnis online di Instagram, kamu harus membuat akun bisnis. Kemudian lengkapi profil supaya pengguna instagram lain dapat mengetahui informasi terkait bisnis kamu. Usahakan selalu update konten dan lihat bagaimana perkembangan bisnismu melalui fitur insight yang ada di instagram. 

Adapun bisnis yang biasanya ada di instagram meliputi jual beli hp, jual beli barang bekas, bisnis konveksi, bisnis pakaian dan aksesoris, bisnis jasa fotografi dan video, menjadi reviewer produk, dan masih banyak lagi. 

Selain berjualan produk, instagram bisa digunakan untuk menghasilkan uang tambahan lain dengan menjadi konten kreator yang kreatif dan informatif. Hasil dari konten tersebut dapat menarik minat brand tertentu untuk menjalin kolaborasi atau endorse yang pastinya kamu akan mendapat cuan sesuai kesepakatan. 

Bisnis Online untuk Pelajar Tanpa Modal

Bagaimana jika kamu tidak memiliki modal sama sekali? Tidak perlu khawatir, ada kok bisnis untuk pelajar tanpa modal sama sekali. Ada apa aja? Berikut listnya. 

  1. Mengikuti Program Afiliasi
  2. Menulis Blog
  3. Menjadi Dropshipper
  4. Menjadi Influencer/Selebgram
  5. Membuka Les Online
  6. Menulis Konten Artikel
  7. Menjadi Youtuber
  8. Usaha Jastip Jual Beli
  9. Bisnis Jasa Terjemah Bahasa Asing
  10. Menjadi Freelancer
  11. Bisnis Thrift Shop
  12. Bisnis Jual Foto
  13. Menjadi Podcaster

Itulah rekomendasi bisnis online untuk pelajar yang bisa dicoba. Bisnis online dibutuhkan waktu luang dan konsistensi dalam menjalankannya. Tapi, jangan sampai kamu melupakan kewajiban sekolah karena terlalu fokus berbisnis.

Bagikan:

Tinggalkan komentar