Cara Bisnis Baju Modal 1 Juta yang Mudah + Ide Menarik

Menjadi pebisnis atau usahawan merupakan impian bagi banyak orang. Satu alasan paling sering muncul ketika seseorang memutuskan untuk tidak menggapai impiannya tersebut adalah terbatasnya modal. Padahal ada banyak rupa bisnis yang bisa menyesuaikan dalam hal modal, seperti bisnis baju modal 1 juta rupiah.

Sebenarnya banyak cara untuk jadi pebisnis sukses dan mendapat keuntungan besar, khususnya bagi kamu yang memang suka dengan tantangan, serta ingin serius coba berbisnis. Bidang fashion bisa jadi pilihan tepat, mengingat daya konsumtif perlengkapan ini tergolong tinggi di Indonesia.

Cara Bisnis Baju Modal 1 Juta

Dalam membangun sebuah bisnis, ada hal-hal mendasar yang wajib kamu siapkan dan lakukan. Selain itu ada pula yang secara khusus bisa jadi pelengkap agar bisnis berjalan sesuai rencana dan harapan. Keterbatasan modal berbisnis menuntut kamu untuk mampu menggunakan modal tersebut dengan lebih bijak dan cerdas.

Cara buka usaha baju kecil kecilan paling dasar berikut bisa kamu lakukan untuk berbisnis modal hanya 1 juta saja.

1. Siapkan Niat dan Mental

Paling awal dan utama selain modal adalah menyiapkan niat yang kuat dan mental yang tahan banting. Kebanyakan mereka yang terjun berbisnis harus gagal di awal karena kurang kuatnya niat dan dari segi mental belum begitu siap. Nyatanya dunia bisnis memang keras, penuh tantangan.

Jadi, pastikan kamu sudah siapkan niat dan mental. Kemauan yang kuat, sikap berani, serta tidak pantang menyerah akan bantu kamu membangun bisnis yang sukses. Walau secara pelan-pelan.

2. Hitung Modal yang Kamu Punya

Bisnis baju modal 1 juta saja atau tidak jauh dari angka tersebut? Hitunglah modal yang kamu punya, lalu sesuaikan dengan kebutuhan dalam menjalani bisnis. Misalnya, 800 ribu untuk mengisi stock, sedangkan 200 ribu sisanya untuk pemasaran produk. Bisa pula 1 juta benar-benar untuk mengisi stock produk.

Buatlah rincian penggunaan modal untuk mengetahui uang itu akan dipakai guna apa saja, berapa kelebihan dan kekurangannya, serta kebutuhan berbisnis lainnya.

3. Tentukan Bentuk Bisnis

Bentuk dan jenis bisnis baju sangat beraneka ragam. Semuanya berkaitan dengan target pasar. Contohnya, kamu ingin menjual baju untuk muslimah dengan target pasar usia remaja dan dewasa muda. Dari sini tipe produk, harga, variasi, sampai cara pemasarannya bisa lanjut kamu tentukan.

4. Kumpulkan Informasi dan Cari Referensi Ide Bisnis

Ingin segera memulai bisnis baju modal 1 juta? Tunggu, kamu juga harus kumpulkan informasi dan referensi ide bisnis sebanyak mungkin untuk menambah ilmu, juga wawasan berbisnis. Setiap kegiatan bisnis dalam jenis apapun memiliki cerita menarik di baliknya yang mana bisa jadi bahan referensi bagi kamu sebagai pelaku bisnis modal 1 juta untuk pemula dalam bidang fashion.

5. Manfaatkan Media Sosial dan Platform

Cara berikutnya adalah dengan memanfaatkan media sosial dan platform jual beli yang mempermudah pemasaran produk-produk milik kamu ke pasar luar. Kamu juga hanya tinggal mengandalkan jaringan internet saja, tidak perlu mengeluarkan biaya khusus. Kecuali dalam pemasarannya kamu ingin menggunakan konsep digital marketing yang lebih profesional.

Ide Bisnis Baju Modal 1 Juta

Bisnis Baju Modal 1 Juta
Bisnis Baju Modal 1 Juta

Masih bingung mengenai ide usaha baju modal 1 juta yang akan datangkan keuntungan besar untuk kamu? Dari sekian jenis bisnis baju, berikut beberapa di antaranya yang populer dan selalu dicari oleh masyarakat.

1. Hijab dan Baju Muslim

Indonesia yang penduduknya mayoritas Muslim membuat bisnis baju modal 1 juta berupa hijab jadi lahan yang berpeluang sangat baik. Hijab masuk dalam kategori fashion yang terus alami perubahan dan perkembangan.

Modal yang kamu butuhkan pun tidak perlu besar karena banyak supplier hijab dan baju Muslim yang menjual produknya dengan harga murah meriah, tanpa mengabaikan kualitas.

2. Baju Bayi New Born

Jenis baju lainnya yaitu baju khusus bayi new born atau sekitar usia 0-18 bulan. Peminat produk ini tinggi, apalagi banyak wanita dan para ibu yang memang cenderung lebih semangat berbelanja baju untuk anak mereka.

3. Baju Anak

Selain untuk bayi baru lahir, baju untuk anak-anak usia 1 tahun ke atas pun bisa jadi pilihan bisnis baju modal 1 juta terbaik. Modal yang kamu harus keluarkan pun bisa lebih terjangkau karena harga baju anak lebih murah daripada baju orang dewasa. Namun tetap saja ada yang tergolong mahal dengan target pasar berbeda.

4. Piyama

Pilihan dalam kegiatan usaha modal 1 juta untuk mahasiswa lain yaitu piyama. Dalam tiga tahun terakhir piyama jadi satu jenis baju yang semakin banyak diminati masyarakat. Apalagi kini banyak bahan adem dengan motif menarik dan kekinian, cocok sebagai bahan baju piyama. 

5. Kaos Polos

Kaos polos bisa jadi ide berikutnya untuk berbisnis. Harganya pun tidak begitu mahal dan selalu dicari masyarakat. Kamu bisa menemukan banyak produk kaos polos melalui online shop yang harganya termasuk harga grosir, sehingga bisa kamu jual lagi dengan harga yang masih terjangkau tanpa mengurangi peluang dapatkan untuk besar.

6. Kaos Distro

Bisnis baju modal 1 juta yang cocok untuk pemula lain ada kaos distro yang kini juga sedang banyak dicari. Walau memang kaos distro sudah menjadi jenis baju yang sejak lama sudah populer dan memiliki pasar tersendiri, tapi kepopulerannya tidak pernah hilang.

7. Kaos Band

Selain kaos distro, kaos band pun masih memiliki banyak peminat lho! Apalagi sekarang para generasi milenial ikut menyukai fashion yang berbau band favorit mereka. Misalnya band-band populer legenda seperti Nirvana, The Beatles, dan lainnya.

8. Kemeja Flanel

Kemeja flanel sempat banyak sekali dicari masyarakat, khususnya kalangan muda. Sampai saat ini jenis kemeja dengan bahan flanel yang memiliki harga terjangkau dan modelnya yang tergolong tidak lekang oleh waktu membuatnya terus dicari meski sedang tidak menjadi trend terbaru.

9. Pakaian Semi Formal untuk Wanita

Pilihan lain dalam membangun bisnis baju modal 1 juta saja berupa menjual produk pakaian semi formal wanita seperti blouse dan kemeja. Kalangan wanita memang jadi target pasar utama dalam kegiatan bisnis fashion. Mengapa pilih pakaian semi formal? Karena lebih fleksibel untuk digunakan dalam berbagai kesempatan, mulai dari kuliah, kerja, sampai hangout sehari-hari.

Perlu kamu pahami dalam memulai bisnis pakaian modal kecil butuh sikap ‘nekat’ yang membuat kamu lebih berani melangkah. Luasnya wawasan berbisnis membantu kamu terhindar dari segala risiko, maupun langkah berbisnis yang kurang tepat atau bahkan salah. Kamu pun bisa terhindar dari kerugian.

Saat ini banyak supplier dan toko online yang menawarkan kerjasama. Baik sebagai reseller, atau juga sebagai dropshipper. Terapkanlah penawaran menarik tersebut dalam bisnis baju modal 1 juta milik kamu, khususnya bagi pemula yang lebih berhati-hati untuk hindari kerugian di awal membangun bisnis dengan modal yang sangat terbatas. 

Penulis: Amelia Novani
Editor: Reskia Ekasari

Bagikan:

Tinggalkan komentar