Pakai Aplikasi Split Bill, Belanja Jadi Lebih Menyenangkan

Berkumpul bersama teman memang selalu menjadi momen paling menyenangkan. Terlebih jika sudah tidak bertemu dalam jangka waktu yang lama. Biasanya, orang akan mengatur pertemuan dengan teman-teman untuk sekedar makan bersama atau nongkrong. Namun, pembagian jumlah pembayaran atau bill sering kali menjadi persoalan. Untung ada aplikasi split bill jadi lebih mudah membaginya.

Membagi tagihan memang menjadi hal yang sedikit sulit. Bukan hanya teman, persoalan ini juga kerap kali terjadi dengan pasangan dan rekan kerja. Hal ini dapat terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah satu orang yang membayar dan lupa akan masing-masing harga menu yang dipesan. Kemudian harus menghitung siapa yang berutang apa dan mengumpulkan uang dari setiap orang.

Selain terkadang merasa tidak enak untuk menagih satu per satu, menggunakan cara lama seperti itu juga tidak efektif. Solusinya, ada cara yang lebih modern untuk melakukan split bill tanpa harus melakukannya secara manual seperti contoh di atas. Kamu tinggal memakai aplikasi di ponsel dan semuanya akan beres!

Aplikasi Split Bill

Berikut ini adalah rangkuman aplikasi-aplikasi split bill yang bisa kamu gunakan. Simak penjelasannya!

1. Settle Up

Aplikasi ini dikhususkan bagi kamu yang sering kali kesulitan dalam membagi tagihan dengan teman-teman. Settle Up adalah aplikasi membagi tagihan yang sangat memudahkanmu karena memiliki banyak fitur yang oke banget. Jika saat split bill biasanya kamu harus mengumpulkan nota pembayaran, di aplikasi ini kamu tidak perlu lagi melakukannya karena Settle Up akan membantumu melakukan back up nota.

Kemudahan lain dari aplikasi ini adalah semua orang yang menjadi anggota dalam pembagian bayaran ini bisa melihat nota pembayaran. Hal itu tentu saja akan mempermudah dalam melihat jumlah hutang per-anggota tanpa harus memikirkan apakah pembayarannya kurang atau lebih. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk keperluan lain seperti untuk membayar sewa atau kebutuhan lain.

2. Splitwise

aplikasi split bill
Aplikasi Split Bill

Aplikasi lain yang akan memudahkanmu dalam membagi tagihan dengan keluarga atau teman adalah Splitwise. Fungsi dari aplikasi ini hampir mirip dengan Settle Up, yaitu memiliki fitur untuk mengatur tagihan dan berapa banyak yang harus dibayar per masing-masing orang. Splitwise juga bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti biaya perjalanan, keperluan rumah tangga, dan masih banyak lagi.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah kamu bisa mengunduhnya secara gratis dari ponsel OPPO Reno dan langsung bisa diakses kapan saja kamu mau. Jika kamu atau temanmu ingin menunda pembayaran, tidak perlu khawatir!

Aplikasi ini menyediakan pilihan untuk mencatat siapa saja yang masih memiliki sejumlah utang yang belum dibayar dan menagih via email- jadi kamu tidak perlu merasa tidak enak saat menagih uang. Aplikasi ini juga cukup mudah digunakan sehingga dapat menjadi andalan untuk dipakai sehari-hari.

3. Tricount

Ingin melakukan split bill secara offline? Tricount adalah jawaban dari pertanyaanmu! Aplikasi yang satu ini dapat kamu gunakan saat sedang tidak ada internet yang tentunya akan sangat memudahkanmu saat sedang bepergian atau saat tidak memiliki kuota internet.

Penampilan dari aplikasi ini juga sangat sederhana, orang-orang yang terlibat dalam pembayaran dapat dimasukkan ke dalam satu grup dan bisa menambahkan jumlah pengeluaran masing-masing.

Selain itu, jika ada teman yang ada di dalam grup mengubah atau mengganti nominal pembayaran, kamu akan langsung mengetahuinya. Hal ini karena Tricount akan memberimu notifikasi sehingga tidak perlu khawatir akan jumlah yang berbeda dari sebelumnya. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini melalui Google Play Store, App Store, dan bahkan via website. Mudah, ya!

4.  Splid

aplikasi split bill
Aplikasi Split Bill

Saat ingin menggunakan aplikasi split bill, terkadang ada beberapa teman kita yang tidak memiliki aplikasinya. Worry less! Splid bisa menjadi solusi masalah tersebut karena ringkasan pembayaran yang telah ditulis dapat kamu unduh dan menjadikannya PDF atau Excel. Sama seperti Tricount, aplikasi Splid dapat kamu gunakan secara offline.

Beberapa pengguna juga sangat terbantu dengan tampilan aplikasi yang minimalis sehingga sangat mudah untuk digunakan. Selain itu, kamu juga dapat melihat siapa yang menghabiskan lebih banyak uang untuk satu bill. Sama seperti aplikasi lainnya yang dapat memasukkan orang lain ke satu grup, tapi aplikasi ini tidak memerlukan login terlebih dahulu sehingga lebih menjangkau semua orang.

Baca juga:

5. LINE

Siapa yang tidak tahu aplikasi satu ini? LINE memang menjadi salah satu tempat orang untuk melakukan komunikasi terutama anak muda, termasuk untuk melakukan panggilan telepon dan bertukar pesan. Selain itu, bukan sebuah berita baru bahwa Line memang memiliki banyak manfaat bagi penggunanya, salah satunya fitur split bill. 

Fitur membagi tagihan sebenarnya adalah inovasi dari Line untuk memudahkan penggunanya dalam urusan tagihan. Untuk melakukan hitungan dan pemindaian secara otomatis, cukup membutuhkan waktu beberapa detik saja. Keunggulan lain dari fitur ini adalah dapat secara otomatis melakukan pemindaian untuk pajak dan layanan restoran. Keren, ya!

Di era perkembangan teknologi ini, sudah sangat kuno untuk melakukan split bill secara manual. Beralih lah ke aplikasi-aplikasi pembayaran yang akan mempermudah hidupmu! Itulah lima aplikasi split bill yang telah kami rangkum untukmu. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar