5+ Aplikasi Membuat CV yang Mudah dan Bisa Online

Halo apa kabar? Nah mungkin di antara kamu kebetulan ada yang baru saja lulus, atau memang sedang mencari pekerjaan, kebetulan banget nih, kali ini saya sedang ingin membahas aplikasi membuat CV yang bisa kamu gunakan.

FYI aja, CV ini sangat penting ketika kamu ingin mendaftar pekerjaan, bahkan bukan itu saja, ketika untuk mendaftar kuliah kadang juga ada yang memakai CV.

Aplikasi Membuat CV

Paling sering sih CV itu digunakan untuk melamar kerja. Singkatnya, CV itu akronim dari curriculum vitae. Itu tuh isinya data diri kamu, kemampuan kamu, dan riwayat pekerjaan dan pendidikan kamu. CV adalah yang pertama kali dilihat HRD, setelah itu baru portofolio kamu.

Nah, CV yang bagus tentu akan memikat hati para HRD. Maka dari itu, banyak orang mendesain atau membuat CV sendiri. Apa saja aplikasi membuat CV? Beriku ulasannya.

Aplikasi Membuat CV di PC

Nah, pertama-pertama saya akan memberikan rekomendasi aplikasi buat kamu yang punya PC atau laptop dan pengin coba bikin CV sendiri. Tentunya dengan membuat CV sendiri kamu jadi enggak perlu ngeluarin duit tambahan hanya untuk bikin CV ke jasa pembuatan CV.

Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah. Pasti kamu punya laptop kalau enggak notebook, kan? Jika tidak kamu bisa datang dulu ke warnet. Hehe.

1. Microsoft Word

Salah satu bagian dari Microsoft Office ini memang telah lama menjadi aplikasi paling mudah untuk mengolah kata-kata. Cieee kata-kata. Maksudnya begini, kalau kamu menulis kayak saya ini, atau sedang mau bikin sesuatu yang berhubungan dengan kata-kata, tentu akan sangat mudah menggunakan Microsoft Word, termasuk bikin CV.

Microsoft Word menjadi salah satu aplikasi membuat CV lamaran kerja yang cukup simpel dan sederhana. Kamu tidak usah punya skill desain, dengan Microsoft Word sudah bisa bikin CV. Beberapa kawan saya yang tak begitu mahir desain juga kebanyakan memanfaatkan Microsoft Word untuk membuat CV.

Nah kalau kamu bikin CV di Word jangan terlalu polos pakai new document biasa ya. Hehehe. Soalnya, Microsoft Word juga sudah menyediakan new document khusus untuk membuat CV. Kamu buka dulu program Microsoft Word-nya, lalu pergi ke menu File-New. Lalu pilih Resume and CVs.

2. Corel Draw

Aplikasi Membuat CV
Aplikasi Membuat CV

Bagi kamu yang bisa desain, atau agak sedikit menguasai, bisa coba Corel Draw untuk membikin CV. Yups, benar sekali, Corel Draw memang merupakan aplikasi membuat CV menarik di PC. Sebab, dengan memakai Corel Draw kamu bisa mengkreasikan bentuk CV kamu sendiri. Corel Draw memang menjadi salah satu software pengolah grafis terpopuler di kalangan desainer grafis.

Tools di dalamnya sangat lengkap. Mulai dari membuat beragam bentuk sampai tools untuk mengetik di lembar kerja. Kamu bisa mengatur ukuran sampai desain di Corel Draw. Kalau soal tutorialnya, kamu bisa mencari sendiri di Youtube atau di artikel lain, tidak di artikel ini. Hehe.

Oh ya, kalau kamu bikin CV pakai Coreldraw filenya bisa kamu atur sesuai kebutuhan. Bisa bentuk gambar maupun pdf, atau bisa juga vektor. Warna yang dihasilkan juga cukup tajam.

Well, kamu juga enggak perlu khawatir bagaimana mendapatkan software Corel Draw. Di internet banyak tersebar aplikasi membuat CV yang satu ini. Kamu bisa langsung mendownloadnya. Atau jika kamu anak sultan, bisa membeli disk-nya. Pokoknya gampang banget. Apalagi beberapa laptop juga sudah ter-install aplikasi Coreldraw ini.

Baca juga artikel menarik lainnya tentang CV:

3. Adobe Photoshop

Sedikit aneh jika saya tidak memasukkan Adobe Photoshop ke daftar ini. Hehe. Yup, aplikasi pengolah foto ini ternyata bisa juga untuk membikin CV lho. Namun, nih kalau menurut saya sendiri ya, Photoshop agak sedikit merepotkan. Mengapa? Tool-tool di dalamnya sangat banyak.

Dan kita harus mengatur beberapa layer untuk menentukan mana bidang yang sedang di desain mana yang tidak. Mungkin bagi sebagian orang, mendesain di Photoshop jauh lebih mudah karena dimanjakan dengan tools yang lengkap. Sehingga beberapa orang juga mulai menggunakan photoshop dan meninggalkan Corel Draw sebagai kompetitor terberat. Sama seperti Corel Draw, hasil kerja kamu bisa disave dalam bentuk gambar atau JPG.

Namun, perlu diingat untuk file mentahannya, Corel Draw dan Photoshop berbeda. Kalau Corel Draw file-nya formatnya (.cdr) atau biasanya disebut vektor. Sedangkan untuk Photoshop untuk file-nya memiliki format (.psd). Aplikasi membuat CV bikinan Adobe ini bisa kamu download di mana saja, termasuk di website-nya Adobe.

Aplikasi Membuat CV Online

Nah buat kamu yang males menginstall aplikasi membuat CV, kamu bisa memanfaatkan aplikasi membuat CV yang berbasis online. Dengan aplikasi-aplikasi yang bakal saya sebutkan ini, kamu bisa buat CV online gratis. Ya, cuma modal kuota lah ya, hehe. Apa saja aplikasi tersebut? Berikut ulasannya.

4. Canva

Aplikasi Membuat CV
Aplikasi Membuat CV Online

Salah satu aplikasi yang mungkin kamu familiar. Yups, Canva adalah jalan pintas paling menggembirakan buat orang-orang yang nggak punya kemampuan mendesain. Mengapa? Ya karena di Canva ini sudah disediakan template. Tinggal dimodifikasi doang, simpel bukan? Canva boleh jadi menjadi aplikasi membuat CV menarik gratis yang cukup populer.

Pasalnya, meskipun kamu bukanlah ahli desain grafis, kamu bisa membuat CV dengan mudah dan hasilnya bikin HRD senyum-senyum. Canva juga sudah ada di PlayStore, buat kamu yang enggak punya laptop bisa mendownload di situ. Bisa juga mengunjungi website-nya di canva.com.

5. VisualCV.com

Internet membuat semuanya jadi mudah, termasuk bikin CV. Karena internet, VisualCV.com ini bisa kamu akses dengan mudah untuk membuat CV atau resume di ruang maya. Tak perlu download, tinggal masuk ke website-nya. Lalu ikuti panduan di dalamnya. Kamu bisa masuk menggunakan akun LinkedIn atau Google.

Kamu bisa mendesain CV sesuai selera. Di sini disediakan beragam template CV yang gratis. namun begitu tetap menawan dengan nuansa minimalis. Bukan sekadar itu, VisualCV juga memiliki tampilan yang user-friendly atau gampang digunakan.

Hebatnya lagi, apabila kamu menautkan informasi yang ada di LinkedIn milikmu, maka kamu tidak perlu menulis ulang. Sistem akan langsung mengambil informasi dari LinkedInmu. Gampang banget kan?

6. Enhancv.com

Ini dia aplikasi membuat CV yang bisa digunakan di mana saja. Konsepnya hampir mirip dengan VisualCV. Template juga banyak di sini. Selain itu, Enhancv juga menyedikan contoh cv. Jadi kamu bisa meniru CV-CV yang sudah disediakan. Setidaknya dengan contoh, kamu bisa tahu mana CV lamaran kerja yang menarik.

Enhancv menyediakan dua fitur bagi penggunannya. Ada yang gratis dan premium yang tentu saja fiturnya lebih lengkap. Mengapa Enhancv bisa menjadi alternatif? Ya karena habis membuat CV di sini kamu bisa langsung mendownloadnya dengan mudah, bahkan sudah dalam bentuk pdf, di mana memang menjadi format yang sering disarankan ketika melamar kerja.

Yes. Mungkin segini dulu pembahasan saya mengenai aplikasi membuat CV. Ya beberapa gratis, dan wajar kalau ada yang bayar. Karena kalaupun bayar tentu fiturnya lebih memanjakan. Tapi kalau kamu itu orang kere, ya pakai gratisan juga tak masalah. Yang penting kan hasilnya. Semangat!

Yuk baca juga artikel lainnya tentang CV:

Bagikan:

Tinggalkan komentar