12+ Aplikasi Cetak Nota Sederhana dan Mudah Digunakan

Apa kamu tahu? Ternyata nota atau struk belanja bisa dicetak otomatis tanpa harus ditulis tangan loh. Hal ini tentu sangat mempermudah pekerjaan kasir, apalagi jika toko sedang ramai pembeli. Nah, kali ini Wong Cerdas membahas tentang aplikasi cetak nota sederhana. Simak, yuk!

Aplikasi Cetak Nota Sederhana

Nota atau struk belanja dicetak sebagai bukti transaksi jual-beli antara konsumen dengan pemilik bisnis. Bukti transaksi tersebut juga bisa digunakan untuk mengklaim garansi produk yang sudah dibeli.

Berikut adalah beberapa aplikasi cetak nota sederhana yang bisa kamu coba di smartphone maupun laptop:

1. Invoices & Estimate

Invoices & Estimate adalah aplikasi cetak nota android yang bisa kamu download secara gratis di Playstore. Kamu bisa menambahkan logo bisnis dan tanda tangan di aplikasi ini. Aplikasi ini tersedia dalam banyak bahasa, termasuk bahasa Inggris dan Indonesia. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat invoice dan perkiraan tagihan yang terlihat profesional.

2. Qontak.com

Qontak.com merupakan aplikasi cetak nota sederhana yang juga bisa digunakan untuk tracking kegiatan penjualan, termasuk aktivitas tim sales order dan tim penjualan. Aplikasi ini dapat diintegrasikan ke berbagai media, seperti WhatsApp, Line, Telegram, website perusahaan, telepon, media sosial, dan lain-lain.

3. ReliaBills

ReliaBills adalah salah satu aplikasi cetak nota penjualan gratis yang bisa diakses secara online di https://www.reliabills.com/try-reliabills. Kamu bisa menambah dan menyimpan informasi konsumen, serta membuat invoice yang profesional sesuai keinginan dalam waktu yang singkat. Kamu juga bisa menyimpan history invoice kapan pun dan di mana pun.

4. Xero Accounting

Aplikasi Cetak Nota Sederhana
Aplikasi Cetak Nota Sederhana

Kamu bisa mengelola bisnismu dengan mudah dari iPhone atau iPad dengan aplikasi Xero Accounting. Fitur yang ada pada aplikasi cetak nota sederhana ini cukup banyak, di antaranya yaitu invoices, quotes, contacts, bills, bank reconciliation, spending, bank account balances, profit and loss, dan juga cash flow. Oh iya, aplikasi ini hanya ada di App Store, ya.

5. Olsera.com

Olsera mengklaim bahwa aplikasi tersebut adalah satu-satunya aplikasi yang bisa diakses melalui Android, iOS, dan Windows (komputer) sekaligus. Tidak hanya merupakan aplikasi cetak struk offline untuk pc dan smartphone, aplikasi ini juga bisa digunakan secara online. Transaksi yang dilakukan saat offline akan tersinkronisasi secara otomatis ketika perangkat tersambung ke jaringan internet.

6. Zoho Invoice

Zoho Invoice adalah aplikasi cetak nota sederhana untuk membantu usaha kecil dan menengah dalam pembuatan faktur, mengirim pengingat pembayaran, melacak pengeluaran, hingga mencatat jam kerja. Fitur-fitur di Zoho Invoice bisa digunakan secara gratis.

7. Cetak Struk

Aplikasi yang bernama Cetak Struk merupakan salah satu aplikasi cetak struk gratis yang compatible untuk PC Windows 7/8/10 dan Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) ke atas. Aplikasi ini banyak digunakan untuk mempermudah mencetak nota di counter pulsa, token PLN, PDAM, BPJS, atau Telkom.

8. Invoicera.com

Invoicera dapat digunakan dengan mudah secara online. Aplikasi ini punya banyak fitur, yaitu multi business, online payment, online invoicing, staff management, client management, task management, project management dan masih banyak lainnya. Invoicera bisa digunakan untuk berbagai macam industri, seperti kontraktor, konsultan, logistik, telekomunikasi, dan lain-lain.

9. Invoiceberry.com

Aplikasi online InvoiceBerry adalah aplikasi cetak nota sederhana yang cocok digunakan untuk freelancer dan usaha kecil hingga usaha menengah. Kamu bisa membuat invoice dalam beberapa detik, mengirim invoice via email, melacak klien atau konsumen yang sudah membayar atau belum, hingga menerima pembayaran secara online menggunakan PayPal, Square, WePay, dan Stripe.

10. Invoice Simple

Invoice Simple merupakan aplikasi nota yang dengan cepat bisa mengirim faktur dan tagihan kepada konsumen atau klien. Untuk mendapat pengalaman mengoperasikan aplikasi ini secara maksimal, kamu perlu membayar sebesar $2 sampai $324 per bulan. Aplikasi ini bisa digunakan gratis, tapi dengan fitur yang sangat terbatas. Pembuatan, pengiriman, dan pelacakan nota dapat dilakukan dengan smartphone.

11. Bookipi

Software ini juga bisa digunakan secara gratis maupun dengan biaya mulai dari $3 per bulan jika ingin menikmati fitur lengkapnya. Aplikasi Bookipi cocok digunakan untuk bisnis kecil.

Aplikasi ini memungkinkan pemilik bisnis mengirim nota ke konsumen dalam waktu kurang dari satu menit. Fitur yang ada pada aplikasi ini di antaranya yaitu membuat nota, menerima pembayaran dengan kartu kredit, pengingat keterlambatan pembayaran untuk konsumen, dan memberikan laporan pembayaran kepada konsumen.

12. TackTile Systems

Aplikasi cetak nota sederhana yang satu ini bisa membantu bisnis dalam mengelola faktur, penagihan, akuntansi, inventaris, penganggaran, pajak penetapan biaya, hingga yang lainnya. Seperti aplikasi lainnya, aplikasi ini dapat digunakan gratis, tapi dengan fitur yang terbatas. Kamu bisa mendapatkan item lainnya dengan membayar $2.5 sampai $30 per item.

13. Microsoft Excel

Kamu pasti sudah familiar dengan Microsoft Office, salah satunya yaitu Microsoft Excel. Kamu bisa membuat aplikasi cetak nota excel secara otomatis dan sederhana dengan software ini. Untuk membuat nota otomatis sederhana, cukup gunakan fungsi Index, Match, dan Sum. Jadi, kamu nggak perlu mengeluarkan biaya untuk punya aplikasi cetak nota.

Cukup sekian artikel tentang aplikasi cetak nota sederhana dari Wong Cerdas. Kira-kira aplikasi mana yang akan kamu gunakan? Jangan lupa terus pantau wongcerdas.com untuk dapatkan pengetahuan lainnya di setiap artikel Wong Cerdas. Thank you 🙂

Bagikan:

Tinggalkan komentar