Jawaban: Apa Tujuan Manusia Melakukan Kegiatan Ekonomi

Setiap orang pasti melakukan kegiatan ekonomi. Orang melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi sesuatu yang menjadi kebutuhan dalam hidupnya. Secara rinci tentang apa tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi akan disebutkan pada penjelasan berikut.

Manusia melakukan kegiatan ekonomi, selain memenuhi kebutuhan lahir, juga untuk memenuhi kebutuhan batin. Dan semua ini, tujuannya hanya beberapa hal yakni sejahtera, makmur, dan memiliki kepuasan terhadap apa saja yang dipilihnya.

Kegiatan ini tentu merupakan suatu kegiatan penting yang dilakukan oleh semua manusia. Untuk melakukannya, tak bisa sembarangan. Ada ilmu yang harus dipahami dan ada pengetahuan yang perlu diketahui. Namanya ilmu ekonomi.

Secara mendasar, ilmu ekonomi merupakan ilmu untuk memilih satu di antara sekain alternatif yang ada. Pemilihan tersebut, biasanya bergantung pada keterbatasan sumber daya. Dengan ilmu ekonomi, kamu bisa memaksimalkan atau mengoptimalkan kegiatan ekonomi yang sedang dilakukan.

Sebelum lebih dalam tentang apa tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi ,lebih baik pahami dulu mengenai kegiatan ekonomi agar hal fundamental tersebut membantu kamu untuk mengenal kegiatan ekonomi secara lebih mendalam.

Apa yang Dimaksud dengan Kegiatan Ekonomi?

Kegiatan ekonomi bisa didefinisikan sebagai aktivitas manusia yang memiliki tujuan untuk pemenuhan kebutuhan hidupnya dan didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi. Kegiatan ekonomi dilakukan dengan tiga macam kegiatan; produksi, distribusi, dan konsumsi.

Kegiatan ekonomi masyarakat di suatu daerah dipengaruhi oleh tersedianya sumber daya yang ada di daerahnya. Misalnya, kegiatan ekonomi di daerah pesisir pantai, maka aktivitas produksi yang dilakukan adalah membuat kerajinan, membuat ikan asin, berjualan ikan, dan lain sebagainya.

Dalam masing-masing daerah tentu terdapat beragam perbedaan tergantung potensi apa yang ada dalam daerahnya.

Tak hanya itu, kegiatan ekonomi juga dibagi menjadi tiga jenis; kegiatan ekonomi produksi, kegiatan ekonomi distribusi, dan juga kegiatan ekonomi konsumsi.

Apa Tujuan Manusia Melakukan Kegiatan Ekonomi?

Apa saja tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi ? Berikut ini beberapa poin yang akan merangkum tujuan dari kegiatan ekonomi :

  1. Memenuhi kebutuhan hidup dengan memilih barang dan jasa yang diperlukan
  2. Melakukan identifikasi terhadap kualitas barang dan jasa yang akan dipilih
  3. Menyusun skala prioritas dari kebutuhan
  4. Melakukan pertimbangan untung dan rugi

Manfaat Ilmu Ekonomi

apa tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi
apa tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi

Untuk memperlancar kegiatan ekonomi yang dilakukan, tentu kamu butuh ilmu ekonomi agar lebih efektif. Ada sekian kegunaan ilmu ekonomi. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Bisa memberi saran untuk mengambil keputusan terhadap suatu tindakan.
  2. Membantu untuk memahami perilaku ekonomi dalam masyarakat.
  3. Membantu untuk menyusun skala prioritas dalam kebutuhan yang harus dipenuhi.
  4. Membantu untuk memaksimalkan potensi atau sumber daya yang ada.
  5. Memberi pengertian terhadap potensi dan juga keterbatasan sumber daya.

Beberapa hal yang disebutkan di atas, tentu semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi. Misalnya, untuk memaksimalkan potensi atau sumber daya yang ada.

Ilmu ekonomi, pada dasarnya adalah ilmu untuk memilih satu diantara berbagai alternatif pilihan. Nantinya, ilmu ekonomi tersebut akan membantumu dengan memberi metode khusus untuk misalnya, bagaimana mengelola potensi barang A? bagaimana agar barang A bisa bermanfaat bagi banyak orang? Dan lain sebagainya.

QnA Seputar Kegiatan Ekonomi

Masih ada pertanyaan yang ingin kamu ketahui jawabannya? Baca yuk QnA seputar apa tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi.

Sebutkan macam-macam kegiatan ekonomi

Kalau kamu dapat soal kegiatan ekonomi dibagi menjadi beberapa macam sebutkan, maka jawablah, kegiatan ekonomi dibagi menjadi tiga; produksi, distribusi, dan konsumsi

3 Apa tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi?

1. Untuk memenuhi kebutuhan secara lahir maupun batin

2. Untuk mencapai kepuasan

3. Untuk menentukan skala prioritas apa saja yang dibutuhkan

Apa tujuan orang melakukan kegiatan ekonomi?

Seperti sudah dijawab sebelumnya, manusia melakukan kegiatan ekonomi, secara mendasar adalah untuk memenuhi kebutuhan dan juga kepuasan dirinya secara lahir maupun batin.

Sebutkan apa saja yang termasuk kegiatan ekonomi?

Kegiatan ekonomi dibagi menjadi tiga; kegiatan ekonomi produksi, kegiatan ekonomi distribusi, dan juga kegiatan ekonomi konsumsi. Masing-masing kegiatan memiliki pengertiannya masing-masing.

Kalau kegiatan manusia yang menghasilkan barang yaitu kegiatan ekonomi produksi. Jika menyalurkannya hingga sampai ke tangan konsumen atau memasarkannya pada konsumen, artinya kegiatan ekonomi distribusi. Dan kalau mengurangi nilai barang, disebut dengan kegiatan ekonomi konsumsi.

Itu adalah sekian penjelasan mengenai apa tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi, macam-macam kegiatan ekonomi, dan juga pengertian dan manfaat dari ilmu ekonomi. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar