Butuh Contoh Analisis SWOT Tokopedia? Cek Lengkap Sini!

Tak bisa diragukan lagi, Tokopedia merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Keberhasilannya ini, tentu saja membuat sebagian orang penasaran. Tak heran jika banyak yang mencari analisis SWOT Tokopedia untuk menjadikannya referensi bagi bisnis sendiri atau untuk keperluan lainnya. 

Bagi kamu yang sedang mencari analisis SWOT pada Tokopedia, pada artikel ini kamu akan mendapatkannya. Dengan mendapatkannya, kamu bisa tahu tuh apa saja yang menjadikan Tokopedia jadi salah satu platform e-commerce yang gede banget di Indonesia. 

Apalagi sampai ada stereotip kalau beli di Tokopedia itu, layaknya lagi belanja di Mall. Tapi kalau belanja di platform e-commerce lainnya, ibaratkan berbelanja di pasar yang pokoknya kualitasnya biasa aja. Dengan ini saja, Tokopedia sudah menang dibandingkan platform lainnya. 

Analisis perusahaan Tokopedia dari segi SWOT, sudah cukup untuk membaca bagaimana strategi dan metode yang digunakan Tokopedia dalam memenangkan pasar pengguna e-commerce di Indonesia. Bagi kamu yang sudah penasaran banget, langsung saja baca uraian berikut sampai selesai, ya. 

Analisis SWOT Tokopedia

Seperti yang telah diketahui, SWOT itu terdiri dari empat komponen. Ada kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan juga threats (ancaman. Keempat hal ini, dalam beberapa referensi dibagi menjadi dua kategori, analisis internal dan eksternal. 

Pada analisis internal, yang dianalisis hanyalah kelebihan dan kekurangannya saja. Jadi berputar pada masalah internal perusahaan seperti strategi, nilai tambah, manajemen, dan lain sebagainya. 

Sedangkan untuk analisis eksternalnya, yang dianalisis hanyalah hal-hal yang berpengaruh namun terletak di luar kendali perusahaan. Misalnya, kondisi ekonomi, politik, bencana alam, dan lain sebagainya. 

Daripada berlama-lama, langsung saja cus pada pembahasan analisis SWOT Tokopedia berikut ini. 

analisis swot tokopedia
Contoh Analisis SWOT Tokopedia

1. Kekuatan Tokopedia (Strength)

Dari sisi strength, analisis SWOT Tokopedia yakni sebagai berikut:

  1. Tokopedia memberikan kemudahan akses untuk mendaftar, menjual, pemasangan iklan, ataupun mudah untuk melakukan pembelian. 
  2. Sangat mudah ditemukan di search engine—dalam hal ini Google. Hal ini terjadi sebab Tokopedia mengoptimalkan strategi internet marketing. 
  3. Memiliki user interface dan juga toolbar yang mudah digunakan serta mudah dipahami. Lengkap dengan kategori dan juga keterangan lainnya. 
  4. Memberikan fitur diskusi bagi para pelanggan. Jadi, sebelum pelanggan menentukan untuk membeli sesuatu dari Tokopedia, mereka bisa melihat diskusi yang ada terkait produk tersebut. Dengan ini, pelanggan bisa mempertimbangkan apakah produk sudah memenuhi persyaratan atau belum. 
  5. Memberikan fitur promosi gratis. Inilah yang menjadikan Tokopedia disukai banyak seller. Mereka memberikan fitur promosi gratis dalam satu jam sekali. Bagi seller pemula, tentu saja fitur ini sangat membantu agar mereka bisa memasarkan produk lebih luas lagi. 

2. Kekurangan Tokopedia (Weakness)

Dari sisi kekurangan, analisis SWOT Tokopedia yakni sebagai berikut:

  1. Hanya tersedia dalam bahasa Indonesia. Hal ini menyebabkan Tokopedia sukar untuk menuju pasar internasional seperti Amazon dan e-commerce berskala internasional lainnya. 
  2. Sukar diakses pada daerah-daerah tertentu yang belum memiliki koneksi internet yang memadai. 
  3. Data pribadi atau informasi pribadi masih cukup terbuka. Tentang hal ini, risiko pencurian data sangat besar dan data tersebut bisa dimanfaatkan untuk penipuan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 
  4. Penjual harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk mendapatkan fitur berbayar dari Tokopedia. 

3. Peluang Tokopedia (Opportunity)

Peluang yang dimiliki oleh Tokopedia dalam analisis SWOT-nya adalah sebagai berikut:

  1. Menjadi salah satu e-commerce yang bisa menjangkau seluruh daerah di Indonesia. 
  2. Tokopedia bisa diakses kapanpun dan di manapun selama ada koneksi internet. 
  3. Masyarakat cenderung konsumtif. 
  4. Pemanfaatan tren belanja online yang semakin tinggi di Indonesia. 
  5. Mengatur target pada masyarakat untuk selalu berbelanja secara instan. 

5. Ancaman Tokopedia (Threats)

Ancaman yang bisa saja mengganggu stabilitas dari Tokopedia yakni sebagai berikut:

  1. Banyak platform serupa yang menjadi kompetitor dengan layanan dan promo besar-besaran. 
  2. Pencurian data atau informasi milik pelanggan. 
  3. Masyarakat masih banyak yang belum melek teknologi. 
  4. Masyarakat masih cenderung memilih pasar tradisional atau menggunakan metode berbelanja konvensional. 
  5. Masih banyak masyarakat Indonesia yang menganggap bahwa jual-beli di e-commerce rawan penipuan.

Contoh analisis SWOT Tokopedia di atas, sudah lumayan lengkap dan bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluanmu. Semoga membantu.

Bagikan:

Tinggalkan komentar