Ini Dia Analisis SWOT Perusahaan Samsung Lengkap

Siapa yang tidak kenal Samsung? Perusahaan tersohor asal Korea Selatan ini kerap menguasai percaturan pasar elektronik di dunia, tak terkecuali Indonesia. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kita mempelajari tentang analisis SWOT perusahaan Samsung ini.

Sebagai salah satu perusahaan paling sukses, tentu mereka telah banyak melewati waktu dan rintangan hingga saat ini. Dari situ, orang-orang pun bisa mencoba untuk melihat bagaimana kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Samsung dengan menganalisis aspek SWOT-nya.

Nah, artikel Wong Cerdas kali ini akan berbagi informasi kepada sobat tentang analisis SWOT perusahaan Samsung. Ayo kita simak!

Sekilas Mengenai Perusahaan Samsung

Produk keluaran Samsung sudah bukan hal yang asing di masa kini. Mulai dari produksi ponsel pintar, perangkat komputer, perangkat home theater, tablet, kartu penyimpanan, air conditioner (AC), jam tangan pintar, hingga earbuds, tak heran jika Samsung semakin eksis bersaing di pasar elektronik internasional dan sering jadi langganan sebagian masyarakat.

Dilansir dari situs web Britannica, perusahaan raksasa ini didirikan oleh Lee Byung-Chull pada 1 Maret 1938. Siapa sangka, sebelum bergerak di bidang elektronik dan perangkat digital, Samsung adalah perusahaan dagang yang berubah menjadi usaha tekstil besar di Korea Selatan, lho!

Memasuki 1969, barulah Samsung memasuki bidang elektronik, dengan TV hitam putih sebagai produk pertama mereka. Samsung terbukti sukses di bidang ini hingga mampu memperluas cakupannya hingga produksi perangkat digital dan penyimpanan.

Analisis SWOT Perusahaan Samsung

analisis swot perusahaan samsung
Analisis swot perusahaan Samsung

Nah, setelah kita mengetahui sedikit tentang sejarahnya, langsung saja, yuk, kita masuk ke bagian analisis SWOT perusahaan Samsung di bawah ini. Dengan demikian setidaknya kita dapat memahami apa yang membuat Samsung kerap menjadi rekomendasi perangkat elektronik oleh orang-orang di seluruh dunia.

1. Strength (Kekuatan)

Aspek ini melihat apa saja keunggulan yang dimiliki oleh Samsung. Kita akan melihat faktor-faktor yang membuat Samsung memiliki kekuatan di pasar elektronik internasional.

  • Samsung menciptakan produk-produk inovatif yang umumnya disukai masyarakat, misalnya jam tangan pintar dan tentunya ponsel pintar.
  • Banyak orang mengatakan bahwa fitur kamera ponsel pintar keluaran Samsung lebih serbaguna, dan menyenangkan dibandingkan rata-rata merk lain.
  • Perusahaan Samsung memiliki banyak tenaga kerja bertalenta tinggi.
  • Televisi keluaran Samsung dinilai memiliki desain yang anggun dan fitur yang canggih.
  • Perusahaan ini sudah menggaet banyak investor internasional.
  • Corporate Social Responsibility (CSR) diterapkan dengan baik oleh perusahaan ini.

2. Weakness (Kelemahan)

Aspek ini melihat hal-hal yang menjadi kekurangan dari Samsung. Bagaimanapun juga, tidak ada perusahaan yang 100% sempurna sehingga aspek weakness dari Samsung ini pantas untuk dianalisis. Berikut analisis swot perusahaan Samsung untuk weakness atau kelemahannya.

  • Banyak orang mengatakan bahwa ponsel pintar Samsung memiliki aplikasi-aplikasi bawaan yang tidak penting dan tidak bisa di-uninstall.
  • Masyarakat juga menilai bahwa baterai ponsel pintar Samsung rata-rata tidak tahan lama sehingga harus sering diisi daya.
  • Produk Samsung terkadang memiliki harga yang tinggi, sehingga sebagian masyarakat seperti Indonesia tidak mampu membelinya dan memilih produk lain.
  • Asisten suara yang ada di televisi produksi Samsung yaitu Bixby, dinilai tidak sebagus Amazon Alexa atau Google Assistant karena adanya masalah keamanan pribadi pada Bixby

3. Opportunities (Kesempatan)

Opportunities merinci faktor-faktor yang menjadi kesempatan bagi Samsung untuk bermain di pasar internasional. Dengan kata lain, kesempatan-kesempatan ini datang dari luar (bersifat eksternal), berbeda dengan strength yang bersifat internal. Penasaran sama analisis swot perusahaan samsung untuk bagian Opportunities ini? Cek di bawah ini yuk.

  • Samsung adalah salah satu merek terkuat di pasar internasional dan banyak orang yang menyukai produk mereka.
  • Di Indonesia sendiri, pusat layanan Samsung dapat ditemui di berbagai kota sehingga memudahkan pelanggan yang ingin perbaikan atau konsultasi.
  • Banyak investor internasional yang mempercayai Samsung sebagai rekan bisnis.
  • Permintaan masyarakat terhadap produk teknologi, khususnya Samsung, tetap tinggi hingga saat ini.

4. Threats (Ancaman)

Analisis SWOT perusahaan Samsung kali ini akan ditutup dengan aspek threats yang melihat apa saja hambatan atau ancaman bagi Samsung dalam rangka bergelut di pasar internasional. Serupa dengan opportunities, threats juga bersifat eksternal, tidak seperti weakness yang bersifat internal.

  • Ponsel merk lain dengan spesifikasi yang bagus, baterai awet, dan harga yang lebih terjangkau semakin akrab dengan masyarakat, terlebih di Indonesia, contohnya Realme dan Xiaomi.
  • Dalam hal perangkat penyimpanan, banyak merek pesaing Samsung yang lebih direkomendasikan oleh orang-orang, misalnya Toshiba dan Seagate.
  • Dalam hal perangkat TV, banyak orang menilai perusahaan Sony sering lebih unggul dibanding Samsung.

Dari analisis SWOT di atas, kita dapat melihat bahwa produk keluaran Samsung memang tidak dapat dikatakan sempurna. Tetap ada kelebihan dan kekurangan seperti layaknya produk dari perusahaan lain.

Akan tetapi, dengan cakupan produk yang mereka miliki, Samsung dapat terus berkesempatan menjadi salah satu penguasa pasar elektronik internasional. Mereka memiliki aspek strength dan opportunities yang dapat mengatasi aspek weakness dan threats.

Meski demikian, berbagai kritik dari masyarakat yang menjadi bagian dari weakness dan threats bagi Samsung tetap perlu menjadi evaluasi bagi mereka supaya dapat menciptakan produk yang lebih memuaskan di masa depan.

Itu tadi artikel tentang analisis SWOT perusahaan Samsung yang bisa jadi referensi buat sobat. Jangan lupa ikuti terus artikel usaha dan bisnis lainnya di Wong Cerdas, ya!

Bagikan:

Tinggalkan komentar