Analisis SWOT Organisasi Mahasiswa & BEM yang Mantap

Cie, yang anak organisasi mahasiswa. Lagi cari analisis SWOT organisasi mahasiswa untuk referensi ya? Kalau iya, udah betul kamu baca artikel ini, karena disini akan diberikan beragam contoh yang bisa kamu gunakan. Apalagi nih, penulisnya pernah ikut organisasi mahasiswa juga.

Yang jelas, contoh yang akan diberikan di sini pernah digunakan oleh penulis sendiri untuk membuat SWOT yang pas dan ciamik serta bagus dan komprehensif untuk organisasi mahasiswa yang pernah diikuti.

Analisis SWOT struktur organisasi, analisis job-desc untuk tiap posisi atau jabatan, analisis follow up anggota ke depannya, sepertinya sudah pernah penulis buat sendiri. Jadi kamu jangan khawatir, ini ditulis oleh orang yang agak ahli tapi sedikit dan nggak se-ahli itu. Yaudah, daripada kebanyakan ini-itu, langsung cus aja baca rincian di bawah ini:

Analisis SWOT Organisasi Mahasiswa Jurnalistik

Contoh analisis SWOT organisasi kampus untuk mahasiswa yang tertarik dalam bidang Jurnalistik biasanya nggak jauh-jauh dari kelebihan anggota, organisasinya sendiri, dan progres organisasi yang sedang, akan, dan belum dijalani.

Begini contoh analisis SWOT organisasi mahasiswa :

  • Strength

–   Menyediakan banyak bidang pilihan seperti kepenulisan, photo journalism, editing, dan banyak lagi

–   Banyak beranggotakan para penulis, fotografer dan editor yang handal

–   Terdapat banyak pelatihan gratis untuk mengembangkan skill

–   Memiliki relasi dengan beberapa orang yang berkecimpung dalam media

  • Weakness

–   Organisasi jarang dilirik dan diminati

–   Sekretariat yang kecil dan buluk

–   Perlengkapan jurnalistik kurang memadai

–   Proposal pengajuan dana sukar diterima

–   Banyak dikritik oleh pihak rektorat karena banyak tanya

–   Kaderisasi yang ketinggalan zaman

  • Opportunity

–   Membuat media online maupun offline yang independen khusus mahasiswa

–   Membuka kesempatan bekerja di beberapa media yang ada relasi

  • Threat

–   Kekurangan modal untuk membuat media

–   Pihak rektorat yang sering mengelak saat dimintai informasi

–   Ancaman DO karena sering mengkritik melalui tulisan

Yup, begitulah analisis SWOT organisasi mahasiswa khusus untuk kamu yang terjun dalam bidang jurnalistik. Kelebihan yang dimiliki, kurang lebih seperti di atas, ada beragam manfaat yang diberikan. Kekurangannya memang cukup banyak, karena selama ini sangat sedikit yang melirik bidang jurnalistik selain mereka yang memang suka menulis.

Kesempatan memang terbuka lebar, tapi tantangannya lebih besar. Organisasi ini mungkin merupakan yang paling tidak disukai oleh pihak rektorat karena selalu menanyakan pendapat tentang isu kampus terhadap rektorat maupun dekanat.

Dan seringkali, mahasiswa yang banyak tanya itu kesempatannya besar untuk di dropout karena ya sebagaimana wartawan pencari kebenaran gitu, lah. Tapi tetap, namanya kesukaan, pasti akan tetap dijalani.  

Analisis SWOT Organsasi BEM

analisis SWOT organisasi mahasiswa
Analisis SWOT organisasi mahasiswa

Beda halnya dengan penerapan analisis SWOT dalam organisasi yang satu ini, biasanya sih lebih dimanja. Begini kira-kira SWOT yang bisa kamu tulis.

  • Strength

–   Banyak mahasiswa yang tertarik masuk

–   Banyak alumni yang telah sukses di luar kampus

–   Dipandang sebagai organisasi elite di kampus

–   Memberikan materi yang berguna untuk pengetahuan dan skill mengorganisasi mahasiswa

–   Sering bikin seminar untuk dapat banyak keuntungan

  • ·Weakness

–   Sukar berkoordinasi karena anggota yang sangat banyak

–   Sering dikritik oleh sesama organisasi mahasiswa

–   Pemberian materi keorganisasian yang membosankan

  • Opportunity

–   Bisa jadi bekal untuk pekerjaan di masa depan

–   Banyak mengenal anggota rektorat dan dekanat

–   Dapat banyak uang dari seminar yang diselenggarakan

  • Threat

–   Organisasi akan ditinggalkan karena tidak adaptif

–   Internal organisasi pecah karena sering beda pendapat

–   Sukar berkoordinasi

Untuk analisis SWOT organisasi himpunan mahasiswa selain dua organisasi yang disebutkan di atas, masih bisa menjadikannya referensi kok. Prinsipnya hampir sama, tuliskan saja apa yang terjadi, akan terjadi, dan yang sudah terjadi. Ini berguna untuk mendapatkan hasil analisis SWOT organisasi mahasiswa yang objektif.

Objektivitas hasil analisis SWOT organisasi mahasiswa tersebut, nantinya bisa dijadikan pegangan, pedoman, ataupun referensi jika ingin mengembangkan organisasi menjadi lebih baik lagi. Kenapa harus objektif? Agar tidak terjadi bias dalam pemberian solusi dan berakibat pada kinerja organisasi yang gitu-gitu aja serta terlihat tidak ada progres signifikan di dalamnya.

Semoga bermanfaat! Jangan lelah untuk menebar manfaat ya di organisasi yang kamu ikuti. Semangat terus sobat 😀

Bagikan:

Tinggalkan komentar