Contoh Analisis SWOT Garuda Indonesia yang Paling Lengkap

Analisis SWOT Garuda Indonesia seringkali dicari untuk mendapatkan formula  perusahaan yang tepat untuk terus berkembang. Hal ini banyak dicari lantaran kesuksesan PT Garuda Indonesia dalam mengelola bisnis penerbangan komersialnya yang sejak 1949 hingga saat ini masih menjadi maskapai terbaik di Indonesia. 

Selain karena perusahaan milik negara Indonesia, PT Garuda Indonesia sukses juga karena beberapa keunggulan dan juga pemanfaatan peluang sebaik mungkin. Pun juga dengan mengatasi berbagai kelemahan serta ancaman yang mungkin sangat mempengaruhi kinerja dari perusahaan satu ini. 

Tentu saja, hal ini bisa dilihat melalui analisis PT Garuda Indonesia. Tak perlu analisis yang susah-susah, kamu juga bisa mendapatkannya dan melihat bagaimana perusahaan ini bersaing hanya dengan menggunakan analisis SWOT.

Seperti yang telah diketahui, analisis SWOT secara mendasar akan membahas beberapa faktor internal dan juga faktor eksternal perusahaan. Maka dari itu, metode analisis satu ini bisa digunakan untuk merinci apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman yang pernah dihadapinya. 

Sejarah Singkat PT Garuda Indonesia

Sebelum kamu mengetahui analisis SWOT Garuda Indonesia, juga penting bagi kamu untuk mengetahui sejarahnya walaupun secara singkat. Perusahaan ini, pada tahun 1949 diberi nama dengan Indonesian Airways. Pesawat pertamanya yakni RI-001 berhasil terbang ke Calcutta, India ke Rangon, dan juga Ibukota Burma. 

Pada penerbangan pertamanya, pesawat Indonesia membawa bendera Republik Indonesia. Hanya saja, perusahaan ini baru bisa menerbangkan beberapa pesawatnya pada tahun 1950. 

Hingga saat ini, PT Garuda Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat lantaran seluruh pesawatnya sudah menggunakan mesin jet. Selain itu, PT Garuda Indonesia juga termasuk salah satu perusahaan penerbangan komersial yang terbesar di dunia. PT Garuda Indonesia menduduki peringkat 30 di dunia. 

Analisis SWOT Garuda Indonesia

Analisis SWOT Garuda Indonesia
Analisis SWOT Garuda Indonesia

Nah sekarang, baru deh kamu bisa mengetahui bagaimana analisis SWOT Garuda Indonesia secara lengkap mulai dari kekuatan, kekurangan, peluang, dan juga ancaman yang mungkin sudah dilewati oleh PT Garuda Indonesia sejak berdirinya hingga sekarang. 

Analisis SWOT Garuda Indonesia berikut ini akan menyertakan analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan Garuda Indonesia. Analisis lingkungan internalnya, mencakup beberapa kekuatan yang menjadi added value bagi perusahaan Garuda Indonesia. 

Sedangkan untuk analisis eksternalnya mencakup beberapa peluang serta ancaman sudah dimanfaatkan dan juga yang sudah pernah dihadapi oleh PT Garuda Indonesia. Mau tahu bagaimana analisisnya? Gas aja lihat uraian analisis SWOT Garuda Indonesia berikut ini:

Strength (Kekuatan)

  1. Menjadi salah satu perusahaan penerbangan di dunia. 
  2. Hingga saat ini telah mengoperasikan puluhan pesawat yang telah hilir-mudik melakukan penerbangan ke berbagai belahan dunia. 
  3. PT Garuda Indonesia sudah memiliki sekitar 36 rute penerbangan domestik dan juga 26 rute penerbangan internasional. Data sewaktu-waktu bisa bertambah. 
  4. Fokus pada pelayanan pelanggan dengan keramahan dan juga dengan keunikan. 
  5. Menggunakan inovasi khas Garuda Indonesia yakni “Immigration on Brand”.
  6. Sudah menggunakan teknologi mutakhir untuk mempermudah penyampaian dan penerimaan informasi untuk keperluan bisnis. 
  7. Sudah menjadi brand terkuat dalam hal bisnis penerbangan di level domestik. 
  8. PT Garuda Indonesia melakukan berbagai bentuk kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). 

Weakness (Kelemahan)

  1. Masih terdapat keterbatasan cabin crew dan juga jumlah cockpit yang sering menyebabkan keterlambatan penerbangan. 
  2. Tingkat hutang lancar masih tinggi dan masih belum dibayar. 
  3. PT Garuda Indonesia masih sangat bergantung terhadap sistem otomatisasi dalam prosesnya menjalankan bisnis. Hal ini akan terganggu jika sewaktu-waktu terjadi kesalahan sistem. 
  4. Biaya operasional yang cukup tinggi. 
  5. Harga tiket tinggi. 
  6. Defisit pada modal kerja. 

Opportunities (Peluang)

  1. Garuda Indonesia telah dihapus dari daftar terlarang untuk penerbangan di kawasan Eropa. Hal ini menyebabkan kesempatan mewujudkan jaringan penerbangan yang luas serta penerbangan internasional bisa lebih terbuka lebar dan lebih besar. 
  2. Indonesia adalah salah satu pasar yang seksi dan pertumbuhannya sangat pesat terkait dengan penerbangan udara. 
  3. Garuda Indonesia sudah tergabung dengan Skyteam Global Airline Alliance yang merupakan aliansi global maskapai penerbangan. 
  4. Menjadi salah satu industri penerbangan yang berkembang cukup cepat di Asia Pasifik.

Threats (Ancaman)

  1. Fasilitas bandara seringkali menjadi penyebab terlambatnya waktu penerbangan. 
  2. Persediaan bahan bakar pesawat yang digunakan Garuda Indonesia masih sangat tergantung dengan suplai dari Pertamina. 
  3. Penurunan permintaan penerbangan lantaran berbagai faktor alam seperti gunung berapi, gempa bumi, dan lain sebagainya. 
  4. Penurunan harga tiket lantaran banyaknya pesaing yang memberikan harga tiket lebih murah. 
  5. Maskapai penerbangan dari luar negeri mulai masuk ke Indonesia dan melakukan penetrasi.

Dengan beberapa analisis yang telah disebutkan di atas, sepertinya peluang Garuda Indonesia sudah dimanfaatkan dengan baik dan membuat maskapai yang satu ini menjadi salah satu maskapai terbesar yang ada di dunia. 

Itulah beberapa poin analisis SWOT Garuda Indonesia yang bisa kamu jadikan referensi untuk tugas ataupun untuk perusahaan yang sedang kamu geluti.

Bagikan:

Tinggalkan komentar