Suka Fotografi? Tengok Analisa Usaha Studio Photo ini!

Fotografi bagi banyak orang menjadi hobi menarik yang tidak pernah membosankan. Saking cintanya dengan dunia ini, beberapa memilih menjadikannya sebagai profesi atau ladang usaha. Tidak heran jika banyak fotografer yang kemudian melakukan riset atau analisa usaha studio photo.

Dari sekian banyak bisnis fotografi, usaha studio photo memang yang paling ramai dan menjanjikan. Pelanggannya datang dari usia bayi maupun lansia entah untuk foto pribadi maupun koleksi keluarga.

Analisa Usaha Studio Photo

Sudah menjadi hukum alam, sebaik-baiknya pebisnis adalah orang yang mampu merencanakan dan memulai usahanya dengan matang. Sebelum kamu terjun langsung ke bidang ini dengan membuka studio photo, kumpulkan dan cerna terlebih dahulu seluruh informasinya.

Secara garis besar, ada 4 faktor utama yang harus kamu analisa sebelum membuka bisnis studio photo meliputi:

Analisa Usaha Studio Photo
Analisa Usaha Studio Photo

1. Modal Usaha

Membuka usaha fotografi rumahan atau skala besar membutuhkan banyak persiapan baik secara fisik, mental dan materi. Sekurang-kurangnya, kamu membutuhkan kamera DSLR guna menghasilkan potret yang bagus dan berkualitas.

Kamu juga membutuhkan aksesoris kamera hingga biaya pembuatan website. Dengan adanya website resmi akan mempermudah kamu melakukan digital marketing.

2. Biaya Operasional

Sekecil apapun bisnis studio photo yang kamu jalankan, kamu tetap membutuhkan bantuan dari orang lain bukan? Selain mempekerjakan minimal 2 orang karyawan, kamu juga membutuhkan tempat bisnis, perlengkapan dan sebagainya.

Analisa dengan seksama biaya operasional dan bersiaplah untuk membuat catatan lebih panjang ketika bisnis studio photo berkembang pesat.

3. Omzet

Analisa usaha studio photo berikutnya berhubungan dengan pendapatan atau jumlah omzet bulanan. Buat perhitungan dengan teliti dan hati-hati supaya tidak ada koreksi yang merugikan di masa depan.

4. Laba Bersih

Perhitungan laba bersih diperoleh dari pengurangan omzet dengan biaya operasional per bulannya. Laba bersih inilah yang akan kamu gunakan untuk semakin memperbesar bisnis atau ditabung untuk kebutuhan lainnya.

Itulah beberapa faktor yang wajib kamu analisa ketika berniat membangun bisnis studio photo. Produk analisa yang telah dijelaskan di atas tentunya telah melalui berbagai tahapan awal seperti penentuan ide bisnis, pertimbangan peluang keberhasilan hingga ancaman kegagalan.

Kelebihan dan Kelemahan Usaha Fotografi

Menjalankan bisnis studio photo tidak selalu menyenangkan, pastinya kamu menghadapi berbagai tantangan. Agar lebih kuat dan patah semangat sebelum membangun bisnisnya, mari identifikasi peluang usaha dengan mencari tahu terlebih dahulu baik dan buruknya usaha fotografi:

Analisa Usaha Studio Photo
Analisa Usaha Studio Photo

1. Laba Relatif Besar

Studio photo biasa mungkin mendapatkan laba bersih yang tidak begitu besar karena hanya menangani pemotretan foto KTP, keluarga dan sebagainya. Beda lagi, jika studio photo yang kamu bangun menawarkan paket prewedding atau potret pernikahan.

Laba bersih yang masuk jauh lebih besar tergantung dari harga paket layanan yang kamu tawarkan. Selain prewedding, kamu juga bisa menawarkan jasa pemotretan lainnya.

2. Fleksibel

Ketika kamu melakukan analisa usaha studio photo, kamu pasti tertarik dengan jam kerjanya yang sangat fleksibel bukan? Berbeda dari pekerjaan kantoran, seorang fotografer bisa bekerja kapan saja ketika dibutuhkan.

3. Bersifat Realistis

Hasil foto berbeda dari lukisan yang masih bisa dihapus dan diubah sesuai keinginan pelukisnya. Foto yang kamu bidik sifatnya sangat realistis. Mungkin kamu masih bisa melakukan editing di beberapa bagian tapi foto mentahnya akan tetap tersimpan dengan baik.

4. Hanya Bersifat Visual

Walau memiliki sejumlah kelebihan, bukan berarti bisnis fotografi online sempurna tanpa cacat sama sekali. Apa pun praktek kerjanya, studio photo hanya menghasilkan gambar yang sifatnya visual tidak bisa bersuara seperti musik atau radio.

5. Dibutuhkan Hanya Pada Momen Tertentu

Beda dari toko bahan makanan yang dibutuhkan setiap hari, coba kamu hitung berapa banyak orang yang sama pergi ke studio photo dalam sehari? Faktanya, kebutuhan akan studio photo masih sangat terbatas karena pelanggan hanya datang ketika mereka membutuhkannya saja.

Itulah beberapa kelebihan dan kelemahan ketika kamu menjalankan bisnis fotografi atau studio photo. Ubah semua kelemahan tersebut menjadi suatu kelebihan, lihatlah semuanya dengan positif dan optimis.

Manfaatkan bakat fotografi yang kamu miliki dengan sebaik mungkin, imbangi dengan melakukan riset atau analisa usaha studio photo. Informasi ini akan sangat membantumu membangun bisnis fotografi yang sangat menguntungkan.

Baca juga: Pertanyaan tentang Ide dan Peluang Usaha

Bagikan:

Tinggalkan komentar