Ambient Marketing: Pengertian, Istilah, Contoh dan Gambar

Kamu pernah melihat gambar-gambar aneh tapi unik di suatu tempat namun mengandung iklan? Kalau iya, artinya kamu sedikit tahu tentang ambient marketing. Jika masih baru pertama kali mendengarnya, silakan simak uraian setelah ini yang akan memberikan sekilas pandang tentang marketing jenis ambient ini. 

Marketing ambient artinya sering juga disebut dengan Out of Home yang diartikan sebagai iklan yang ke luar dari “rumah” atau iklan yang berada di luar ruangan. Bukan, iklan di luar ruangan yang satu ini bukan yang menggunakan baliho, papan reklame, banner-banner yang bikin perih mata, dan lain-lainnya. 

Pun juga bukan iklan yang ada di media sosial, iklan di website, koran, radio, media massa, dan yang sejenis. Ambient marketing memang khusus digunakan di luar ruangan dengan konsep yang sama sekali baru atau ‘ora umum’ bagi sebagian orang. 

Hingga saat ini, pun, sepertinya belum ada referensi yang pas dari para ahli yang mendefinisikan apa itu ‘hewan’ bernama ambient ini. Tapi sebenarnya, ini masuk ke dalam strategi pemasaran yang pada 1990 dikembangkan. 

Awalnya, metode ini diperkenalkan oleh Concord Advertising. Dia perusahaan biro iklan asal Inggris yang mulai mengkhususkan prosesnya ke kampanye atau iklan yang ada di luar ruangan. 

Hal ini bisa muncul lantaran konsumen udah gedeg banget dengan iklan yang gitu-gitu saja alias mereka butuh sesuatu yang baru, sesuatu yang berbeda, atau something a bit different. Hal ini juga terjadi lantaran kebutuhan terobosan baru dalam kompetisi dan persaingan pasar yang semakin ketat. 

Maka dari itu, ambient marketing lalu diwujudkan oleh Concord dengan menempatkan iklan ada tempat yang tidak biasa digunakan.

Apa Itu Ambient Marketing?

Ambient menurut para ahli didefinisikan sebagai cara untuk menyampaikan pesan secara langsung pada pelanggan ataupun konsumen yang menggunakan media non-konvensional yang biasanya diletakkan di tempat yang dekat dengan aktivitas dari pelanggan ataupun calon konsumen. 

Tujuan dari pembuatan ambient marketing adalah untuk memberikan pesan yang lebih dekat pada konsumen dan juga memberikan pesan dalam bentuk unik agar konsumen atau pelanggan lebih mudah mengingatnya. 

Cara ini bisa dibilang sebagai metode marketing yang Out of the Box, ora umum, dan juga tersembunyi dibandingkan dengan jenis iklan pada umumnya. Biasanya, media non konvensional bisa di jalan raya, lift, eskalator, di pot bunga, jalan raya, dan tempat yang jarang digunakan untuk space periklanan lainnya. 

Apa Itu Iklan Ambient Media?

Pada ambient marketing juga ada istilah ambient media. Tapi sebenarnya, apa sih arti dari ambient media? 

Ambient media bisa juga didefinisikan sebagai salah satu cara untuk menawarkan produk ataupun layanan kepada pelanggan yang menggunakan media luar ruangan atau media alternatif. 

Mengenal Ambient Media, Ambient Design, dan Ambient Brand

Selain beberapa istilah dan definisi yang telah dijelaskan di atas, kamu juga harus mengetahui apa saja hal-hal yang sering disebut dalam ambient marketing seperti ambient media, design, dan juga brand. Semua ini pakai kata ambient, jadi hampir sama. Tapi kata selanjutnya-lah yang bikin beda. 

1. Ambient Media adalah istilah yang merujuk pada media yang digunakan pada pemasaran ambient. Di pemasaran jenis ini, media yang digunakan adalah media yang non-konvensional, tidak biasa, dan seringkali memang bukan di tempat yang seharusnya diletakkan iklan. 

2. Ambient Design adalah istilah yang dikhususkan bagi desain yang digunakan dalam pemasaran ambient. Jadi, kalau tadi ada media yang tidak konvensional dan unik, sekarang perbedaannya hanya pada sisi desainnya saja yang tidak konvensional, out of the box, dan ora umum. 

3. Ambient Brand adalah istilah yang khusus diberikan untuk brand yang digunakan dalam pemasaran ambient. 

Agar kamu tak kebingungan, maaf saja, definisi yang disediakan dari beberapa referensi yang digunakan memang demikian adanya. Tidak rigid, rinci, jelas, dan juga serasa kurang tepat dan malah cenderung mbulet. Jadi, agar tak bingung, silakan tengok saja contoh dari ambient marketing berikut ini. 

Contoh Ambient Media

Nah yang pertama, kalau dari medianya, silakan simak saja beberapa gambar yang akan disertakan berikut dengan penjelasannya. 

Ambient Marketing
Ambient Marketing

Nah, untuk gambar ini, sudah bisa lihat kan kalau tempat media sebagai tempat iklannya memang tidak konvensional? Tempat tersebut adalah lorong tempat banyak orang berjalan. 

Oleh pembuat film 2012, digunakan sebagai media non-konvensional untuk promosi. Di sana, ditampilkan display 3D yang tentu saja sangat menarik bagi siapapun yang melihatnya. Hasilnya, siapapun yang melihat iklan tersebut akan tertarik dan mengerti tentang film yang akan diputar di bioskop.

Ambient Marketing
Contoh Ambient Marketing

Kalau belum cukup contoh yang tadi, ini ada lagi. Letaknya di mana? Ya, di gedung dekat sungai. Di sana bertuliskan pesan, sungai yang bersih adalah sungai yang menyenangkan. Kemudian di bawah tulisan tersebut ada campaign, donasikan ke website yang ditulis di sana. Ini juga media non-konvensional untuk marketing. 

Contoh Iklan Ambient

Ada lagi beberapa contoh yang lebih menarik. Silakan simak baik-baik, ya. 

1. Iklan Ambient Brand Nike

Ambient Marketing
Iklan Ambient Marketing

Siapa yang belum tahu nike? Perusahaan yang bergerak di bidang produksi alat dan perlengkapan olahraga ini, sudah keren banget memanfaatkan ambient marketing. Salah satu contohnya seperti yang ada pada gambar di atas. 

Kamu bisa melihat bahwa ada bola dan ada mobil penyok. Bolanya di letakkan di atas mobil tersebut. Hal ini dibikin sedemikian rupa oleh pihak tim Nike untuk memberikan kesan bahwa ada bola yang turun dari langit dan jatuh ke atas mobil. Saking kuatnya, mobil tersebut sampai penyok.

Hasilnya? Anggapan masyarakat bahwa bola Nike tersebut sangat kuat dan kualitasnya sudah terjamin bagus. Keren kan?

2. Iklan Ambient untuk Film Superman

Ambient Marketing
Ambient Marketing di Film Superman

Tuh lihat. Iklan yang begitu sepertinya akan sangat menarik di mata masyarakat dibandingkan dengan iklan pop-up dan pokoknya jenis iklan membosankan lainnya. Kalau begitu, kan, nantinya masyarakat atau calon konsumen bisa ingat betul dengan apa saja yang ditawarkan lantaran menarik. 

3. Iklan Ambient untuk Produk Alteco

Ambient Marketing
Iklan Ambient Marketing Alteco

Yang ini menarik banget nih. Lihat saja, di penyangga jembatan, diberikan lem alteco. Media yang digunakan juga tidak konvensional, yakni di penyangga jembatan. Desain dari iklannya juga sama tidak konvensionalnya karena membuat alteco dengan ukuran yang lebih besar. 

Paling menarik adalah pesan yang disampaikan yakni ingin mengatakan pada khalayak kalau lem tersebut memang sudah terbukti kuat dan kualitasnya sudah terjamin. 

Contoh dari Ambient Marketing

Ada lagi, tenang. Banyak kok contoh yang unik dan menarik. Nih silakan simak contoh lainnya berikut ini. 

1. Iklan Kopi Gratis dari McD

Iklan Ambient
Contoh Ambient Marketing

Kamu pernah nggak sebelumnya membayangkan ada wadah raksasa yang didalamnya berisi kopi? Kalau nggak, sepertinya ambient marketing yang satu ini bisa menjelaskannya. McD menggunakan desain dan media tidak konvensional untuk memberikan kopi gratis yang diletakkan dalam wadah raksasa tersebut.

Itulah ulasan lengkap mengenai ambient marketing lengkap beserta contohnya. Semoga berguna.

Referensi gambar: Unknown dari berbagai sumber (hubungi kami untuk klaim sumber utama)

Bagikan:

Tinggalkan komentar